alexametrics

Produsen Hoaks Tuding Ada Kabar Kematian Palsu di Palestina

18 Mei 2021, 05:48:42 WIB

PEMBUAT hoax yang satu ini benar-benar sudah tak punya nurani. Dia memanfaatkan tragedi kemanusiaan yang menimpa warga Palestina untuk membuat olok-olok yang sangat tidak manusiawi. Menurut dia, di Palestina ada pihak yang suka membuat hoax tentang kematian palsu.

”Media Palestina sedang melaporkan Live adanya korban Meninggal akibat Serangan Israel.. Tapi begitu dengar Sirine peringatan adanya Serangan dr Israel…mayatnya bisa hidup kembali. Rupanya ada Kadrun di sana yg suka membuat berita Hoax,” tulis akun Facebook Endang Setyawati, Jumat (14/5), sambil menyertakan sebuah video pendek.

Video berdurasi 26 detik itu memperlihatkan beberapa orang sedang mengusung ”jenazah” yang ditutupi kain. Di tengah jalan, tiba-tiba mereka meletakkan ”jenazah” tersebut saat terdengar bunyi sirene yang sangat nyaring. Orang-orang itu pun kabur seperti ketakutan. Tak lama kemudian, ”jenazah” yang ternyata seorang remaja pria tersebut tiba-tiba terbangun dan ikut berlari.

Entah dari mana sumbernya, akun Facebook Endang Setyawati mengabarkan bahwa kejadian itu direkam di Palestina. Apalagi memberinya narasi bahwa video tersebut mengungkap di Palestina ada yang suka menyebar hoax tentang kematian warga akibat serangan dari Israel. Sungguh tak berakhlak.

Saat ditelusuri, video itu ternyata sama sekali tidak terkait dengan bentrok tentara Israel dengan kelompok militan Hamas di Palestina beberapa hari lalu. Video yang sama sudah menyebar setahun lalu, tepatnya pada Maret 2020. Diunggah akun Twitter @24Entertain, video tersebut direkam di Jordania dan merupakan aksi anak-anak muda yang berusaha mengelabui petugas keamanan agar bisa keluar rumah.

”Pemuda Yordania menciptakan tipu muslihat atau lelucon dengan keluar dari rumah dan membuat pemakaman tiruan untuk teman mereka. Dan inilah yang terjadi setelah mereka mendengar sirine petugas,’’ begitu keterangan yang menyertai video tersebut.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads