alexametrics

Produsen Hoaks Bikin Isu Presiden Tiga Periode Tambah Seru

18 Maret 2021, 05:48:33 WIB

KABAR palsu yang menumpang isu penambahan periode jabatan presiden sudah banyak dijumpai di media sosial. Mayoritas menyebar dalam bentuk capture sebuah berita. Misalnya, yang diunggah akun Facebook Quinee Rachristao Liviavariella di sebuah grup. Katanya, Prabowo menginginkan Jokowi menjadi presiden selama tiga periode karena sudah merasakan kinerjanya.

”Arief Poyuono: Prabowo Mau Jokowi Tiga Periode, sebab Prabowo sudah melihat dan merasakan Kerjanya yang OK.” Begitu judul berita yang diunggah akun Quinee Rachristao Liviavariella pada 12 Maret 2021 (bit.do/PrabowoSetuju).

Bagi yang berkecimpung di media massa, sangat mudah melihat keanehan dalam judul berita tersebut. Selain terdapat kesalahan ketik (spasi), pemenggalan katanya ngawur. Font atau jenis huruf yang digunakan juga tidak konsisten.

Begitu juga saat dilakukan pencarian jejak digital di mesin pencari Google. Sama sekali tidak ditemukan berita dengan judul panjang seperti itu. Versi asli beritanya berasal dari portal medcom.id. Bunyi judulnya, Arief Poyuono: Prabowo Mau Jokowi Tiga Periode. Oleh pembuat hoax, judul itu diperpanjang dengan kalimat, ”Sebab Prabowo Sudah Melihat dan Merasakan Kerjanya yang OK”.

Berita yang diunggah pada 12 Maret 2021 itu berisi penafsiran Arief Poyuono tentang sikap Prabowo dalam menanggapi isu perpanjangan jabatan Presiden Jokowi. Namun, sama sekali tidak ada pernyataan bahwa Prabowo telah merasakan kinerja Jokowi yang oke.

Pendapat Arief itu didasari sikap Prabowo yang memiliki komitmen kuat terhadap apa yang dikatakan pemimpinnya. ”Prabowo bisa membedakan, antara politik dan mana balas budi. Dia tapi biasanya lebih ke balas budi,” ujar Arief. Anda dapat membacanya di bit.do/BukanSuntingan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c19/fat




Close Ads