alexametrics

Hoaks CR7 Mengubah Hotel Miliknya Menjadi RS untuk Pasien Virus Korona

18 Maret 2020, 17:48:10 WIB

CRISTIANO Ronaldo tergolong sebagai pesohor sepak bola yang laris dijadikan konten hoax. Yang terbaru adalah kabar bahwa pemain klub Juventus itu telah mengubah hotel miliknya menjadi rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19. Informasi tersebut tersebar di Twitter lengkap dengan foto hotelnya.

’’Cristiano Ronaldo merubah hotel miliknya yang di Portugal menjadi Rumah Sakit untuk merawat pasien yang terinfeksi COVID-19. Seluruh biaya pasien, doktor, perawat, dan pengobatan akan ditanggung olehnya. Idola!’’ Begitu informasi yang disebar akun @seputarmadrid (bit.ly/JadiRumahSakit).

Posting-an pada 15 Maret 2020 itu menyertakan foto Ronaldo dan hotel miliknya, Pestana CR7 Hotel. Namun, saat ditelusuri, foto-foto tersebut sama sekali tidak mewakili kabar bahwa Ronaldo mengubah hotel miliknya menjadi rumah sakit. Foto CR7 mengenakan kacamata dan tersenyum diunggah lebih dulu oleh gettyimages.com pada 29 Agustus 2019 saat undian Liga Champions di Monako. Foto hotel miliknya juga diunggah lebih dulu oleh Getty Images pada 21 Juli 2016 saat acara launching di Madeira, Portugal.

Akun Twitter CR7 juga tidak pernah mengunggah kabar perubahan fungsi hotel. Yang ada posting-an tentang pernyataan belasungkawa dan memberikan saran untuk mengikuti imbauan WHO atas virus yang telah mewabah di seluruh dunia.

Terkait dengan kabar perubahan fungsi hotel CR7, Jawa Pos menemukan bantahan yang diberitakan portal berita gulfnews.com. Judul beritanya berbunyi Coronavirus: Cristiano Ronaldo’s hotel denies reports of being transformed into hospital. Berita yang terbit pada 16 Maret 2020 itu mengutip pernyataan staf di hotel milik Ronaldo di Lisbon. Staf itu mengaku tidak mengetahui rencana mengubah penggunaan hotel secara sementara untuk mengobati mereka yang terinfeksi virus.

’’Kami adalah sebuah hotel. Kami tidak akan menjadi rumah sakit. Ini adalah hari seperti orang lain, kita akan tetap menjadi hotel,’’ kata juru bicara hotel tersebut.

Reporter stasiun televisi lokal Portugal, Filipe Caetano, juga membantah kabar tersebut, Melalui akun Twitter miliknya, Caetano menegaskan bahwa informasi itu palsu dan tidak benar. ’’Berita palsu lainnya. Ini tidak benar. Mengapa jurnalis tidak melakukan pekerjaan seperti yang mereka pelajari (melakukan konfirmasi) dan hanya mengikuti apa yang muncul dari sumber yang tidak dipercaya?’’ tulis Caetano dalam bahasa Portugis pada 15 Maret 2020. Anda bisa membacanya di bit.ly/PalsuDanTidakBenar.

FAKTA

Informasi yang diunggah akun Twitter @seputarmadrid tentang perubahan hotel milik CR7 menjadi rumah sakit itu tidak benar. Pihak Pestana CR7 Hotel telah menyangkal kabar tersebut.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c19/fat



Close Ads