Kecelakaan Pesawat Rusia pada 2021, Bukan Yeti Airlines Nepal

18 Januari 2023, 05:48:15 WIB

JawaPos.com – Kecelakaan pesawat Yeti Airlines di Nepal tak lepas dari kabar palsu yang disebarkan netizen Indonesia. Seperti unggahan video di TikTok berupa pesawat terbakar saat terbang lalu menghunjam ke tanah dan meledak. Katanya, pesawat itu adalah Yeti Airlines.

’’Semoga keluarga qorban di berikan ke tabahan #pesawat #yetiairlines #jatuh #fyp #indonesia #nepal,’’ begitu keterangan akun TikTok YayatHidayatuloh87 kemarin (16/1) (s.id/PesawatYetiNepal).

Rekaman berdurasi 1 menit 15 detik itu juga mencantumkan tulisan yang menegaskan bahwa pesawat tersebut adalah Yeti Airlines. Tertulis, ’’Inilah terlihat detik-detik sebelum pesawat Yeti Airlines jatuh dan meledak.’’

Penelusuran di situs padanan gambar, Yandex, mengarahkan Jawa Pos ke posting-an lama pada 2021. Misalnya kanal YouTube Global News Nexus yang mengunggah video itu pada 17 Agustus 2021 dengan judul Prototipe pesawat angkut militer Il-112V jatuh saat terbang di wilayah Moskow. Rekaman berdurasi 1 menit 4 detik itu sangat identik dengan unggahan akun TikTok YayatHidayatuloh87. Anda dapat melihatnya di s.id/Videoth2021.

Portal berita Jerman Welt memberi judul peristiwa tersebut Pesawat Angkut Baru Rusia Jatuh Selama Pengujian. Tiga awak tewas dalam kecelakaan itu. Hal ini dikonfirmasi oleh perusahaan induk manufaktur pesawat Rusia United Aircraft Corporation (UAC). Video saksi mata menunjukkan sesaat sebelum kecelakaan, salah satu dari dua mesin turboprop terbakar di udara.

Menurut laporan di media Rusia, para korban itu termasuk pilot penguji Nikolai Kuimov, yang juga mengemudikan pesawat tersebut dalam penerbangan perdananya pada Maret 2020. Selengkapnya, Anda dapat membacanya di s.id/UjiCobaRusia.

FAKTA

Video itu memuat gambar prototipe pesawat angkut Rusia IL-112 yang jatuh terbakar dekat Moskow.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c17/jun



Close Ads