alexametrics

Keliru Simpulkan Video Kekerasan Polisi Prancis

17 November 2021, 05:48:44 WIB

INFORMASI kurang tepat yang berkaitan dengan vaksin masih ditemui di media sosial. Salah satunya, kabar yang menyebut polisi Prancis bertindak represif kepada warga yang masuk mal karena tak menggunakan paspor atau kartu vaksin Covid-19.

’’Polisi Prancis memukuli wanita yang mencoba berbelanja di mall tanpa paspor v4ksin,’’ tulis akun Facebook El Shaarawy pada 5 November 2021. Netizen yang tak kroscek bisa jadi mudah terpengaruh. ’’Hanya karena vaksin diperlakukan sperti pelaku kejahatan dan kriminal,’’ bunyi komentar salah satu akun (bit.ly/KarenaVaksin).

Video 1 menit 15 detik itu memperlihatkan petugas memukuli seseorang yang tengah berada di sebuah gedung. Petugas yang memukuli tersebut mengenakan seragam dan body armor lengkap. Bahkan menggunakan helm dan tameng seperti sedang mengamankan demonstrasi.

Saat ditelusuri, video yang identik dengan situasi itu diulas portal Tasnim News 5 September 2021. Situasi itu memperlihatkan polisi anti-huru-hara Prancis yang menangkap dua perempuan di tengah protes nasional terkait kebijakan penanganan Covid-19. Ulasan itu menyebutkan, ada ratusan orang yang memaksa masuk ke pusat perbelanjaan Forum des Halles di tengah serangkaian demonstrasi nasional menentang pembatasan dan mandat virus korona.

Gelombang protes tersebut muncul sebagai reaksi atas kebijakan Presiden Emmanuel Macron. Kebijakan itu mewajibkan masyarakat untuk menyertakan sertifikat vaksinasi saat hendak mengunjungi restoran, teater, bioskop, dan pusat perbelanjaan. Anda dapat membacanya di bit.ly/TangkapPesertaAksi.

Situs pencari fakta Politifact menegaskan bahwa perempuan yang ditampilkan dalam video merupakan pengunjuk rasa antivaksin, bukan seorang pembeli. Politifact menyebut sejak Presiden Emmanuel Macron menetapkan mandat tersebut, gelombang protes terjadi di mana-mana selama berminggu-minggu. Anda dapat membacanya di bit.ly/BukanPengunjungMal.

FAKTA

Video pemukulan seorang warga di Prancis bukan karena belanja tanpa membawa kartu vaksin. Melainkan, orang itu terlibat dalam aksi protes antivaksin atas kebijakan presiden Prancis.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/jun




Close Ads