alexametrics

Heboh Video Gempa Mengerikan di Meksiko

Diklaim Kemarin, Ternyata 2 Tahun Lalu
17 Oktober 2019, 17:56:34 WIB

JawaPos.com – Video tentang gempa dahsyat di Meksiko marak beredar di grup-grup WhatsApp kemarin. Tampak dari kejauhan, gedung-gedung tinggi bergetar. Sebagian runtuh setelah sejumlah orang keluar dari dalam gedung. Ada juga rekaman wisata air yang bergelombang karena gempa serta ledakan dari sejumlah bangunan. Di video itu juga tertulis watermark berbunyi ’’Gempa di Mexico hari ini’’.

Video yang sama beredar lewat Facebook. Salah satu pengunggahnya adalah pemilik akun Marthin Waas. ’’Pray vor MEXICO. Moga sll dlm lindungan yg maha kuasa,’’ tulis akun itu kemarin (16/10). Marthin juga menautkan kanal YouTube milik Berita Menarik. Isinya video berjudul Gempa 8,1 SR terjadi di Mexico tadi pagi dan berpotensi terjadi tsunami.

Penelusuran Jawa Pos di situs earthquake-report.com pada 16 Oktober 2019 menunjukkan, memang ada gempa di Meksiko pada Rabu dini hari (16/10), tepatnya pukul 00.55. Tapi tunggu dulu. Kekuatan gempa itu hanya 4,3 skala Richter (SR). Lokasinya di Oaxaca, Meksiko. Jika merujuk pada hasil pencarian itu, kabar gempa 8,1 SR di Meksiko kemarin pagi keliru.

Video yang diunggah akun Facebook Martin Wass sebenarnya juga merupakan rekaman gempa di Meksiko. Namun, peristiwa tersebut terjadi dua tahun lalu. Rekaman gempa yang mencekam itu juga bertebaran di YouTube. Misalnya yang diunggah kanal berita BBC News pada 20 September 2017. Judulnya Mexico: Moment earthquake struck – BBC News.

Potongan video dari BBC itu mirip dengan menit-menit awal video yang diunggah kanal Berita Menarik. Anda bisa melihatnya di bit.ly/GempaSept2017. Sementara itu, video gempa yang mengakibatkan wisata air bergelombang pernah diunggah kanal YouTube Dash 10 Media pada 19 September 2017.

Media edition.cnn.com juga memberitakan bencana mengerikan tersebut pada 20 September 2017. Judulnya Central Mexico earthquake kills more than 200, topples buildings. Dalam laporan CNN, gempa pada September itu terjadi dua kali. Pertama pada 8 September 2017 dengan kekuatan 8,1 SR. Saat itu gempa yang melanda pantai selatan Meksiko menewaskan setidaknya 90 orang.

Gempa kedua terjadi pada 19 September 2017 dengan kekuatan 7,1 SR. Setidaknya 216 orang tewas di Mexico City serta Negara Bagian Puebla dan Morelos. Saat itu Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan, ada 22 jenazah yang ditemukan di antara puing-puing sekolah dasar yang runtuh akibat gempa. Anda bisa membaca dan melihat grafis bencana itu di bit.ly/SebulanDuaGempa.


FAKTA

Video gempa Meksiko yang diunggah akun Marthin Waas dan kanal Berita Menarik bukan kejadian kemarin pagi. Video itu gabungan bencana gempa pada 8 dan 19 September 2017.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c19/fat



Close Ads