alexametrics

Foto Palsu Sirkuit Mandalika

17 Juli 2019, 19:33:02 WIB

JawaPos.com – Indonesia sedang membangun Sirkuit Mandalika di Lombok. Pembangunan diperkirakan selesai pada 2020. Namun, di beberapa grup WhatsApp sudah bermunculan foto sirkuit dari atas yang disebut sudah jadi itu.

“Indonesia kita punya sirkuit kheren di Lombok. Sebentar lagi Indonesia punya sirkuit Moto GP bertaraf internasional. Letaknya di kawasan wisata Mandalika Lombok NTB,” begitu penggalan narasi yang melengkapi foto sirkuit balap itu.

Sepintas, foto tersebut memang mirip dengan suasana Indonesia yang masih hijau dan sekitar arena yang asri. Faktanya, hasil padanan gambar menyebutkan bahwa lokasi itu bukan di Indonesia, melainkan di Sepang, Malaysia. Foto itu bisa ditemukan di situs resmi motogp.com.

Radarlombok.co.id (Jawa Pos Group) juga mengulas pembangunan infrastruktur arena balap tersebut. Berita yang terbit pada 9 Juli 2019 itu menyebutkan bahwa pembangunan sirkuit di kawasan ekonomi khusus itu terus berjalan. Kepala General Affair KEK Mandalika I Gusti Lanang Bratasuta berharap seluruh proyek dapat selesai hingga 2020. Dengan begitu, sirkuit yang memiliki panjang 4,32 km dengan 18 tikungan itu bakal dipakai pada balapan MotoGp musim 2021. Anda dapat membaca ulasan tersebut di bit.ly/Selesai2020.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c15/fat)



Close Ads