alexametrics

Awas Hoaks! Ini Bukan Video Banjir di Terowongan Tol Cisumdawu

17 Februari 2021, 05:48:23 WIB

VIDEO tentang banjir sering ditemukan di media sosial akhir-akhir ini. Sayangnya, ada saja yang membagikan video tersebut dengan keterangan keliru.

Misalnya, yang dibagikan ulang oleh akun Twitter @sayNotoIslampho pada 10 Februari 2021. Tampak banjir melanda sebuah terowongan besar dan diberi keterangan bahwa peristiwa itu terjadi di terowongan tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu).

”Astaghfirullah, tol Cisumdawu belum rampung… sudah banjir begini,” tulis akun tersebut. Selain badan jalan terendam, air yang bercampur lumpur juga terlihat jatuh dari bagian atas mulut terowongan (bit.do/TolCisumdawu).

Di Facebook, video banjir di terowongan yang menembus perbukitan gersang itu juga diunggah akun Terserah Raja pada Kamis, 11 Januari 2021. Sumbernya adalah aplikasi TikTok. Narasinya kurang lebih sama. ”Ngeri Terowongan Tol CISUMDAWU TUNNEL PROJECT Cileunyi–Sumedang–Dawuan Belum Juga Operasional Sudah Banjir,” tulisnya.

Namun, ada yang aneh dari unggahan tersebut. Ada dua mulut terowongan di tol Cisumdawu dan letaknya berdampingan. Di video banjir yang diunggah akun Twitter @sayNotoIslampho, mulut terowongannya hanya satu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/fat




Close Ads