alexametrics

Heboh Jenazah Mirip Imam Samudra

16 November 2020, 19:49:20 WIB

VIDEO jenazah yang mirip dengan almarhum Imam Samudra menghebohkan aplikasi percakapan WhatsApp kemarin (15/11). Kabar itu beredar dengan narasi yang menyebutkan bahwa jenazah tersebut masih segar meski telah 10 tahun dikubur. Katanya, kondisi itu diketahui setelah kuburannya hendak dibongkar untuk kepentingan pembangunan jalan.

”Pemindahan kubur Imam Samudera karena projek melebarkan jalan. Setelah 10 tahun mati di tembak oleh firing squad pemerintah indonesia pada tanggal 9 Nov 2008, jenazah pejuang syahid Imam Samudera masih segar ibarat sedang tidur, beliau dijatuhkan hukuman mati karena mengebom kelab malam di Bali pada tahun 2002,” begitu narasi yang disebar salah satu akun WhatsApp di sebuah grup.

Di Facebook, informasi serupa diunggah akun Jihad SA pada Sabtu, 14 November 2020. Video dengan durasi 3 menit 33 detik itu juga memperlihatkan situasi yang sama. Ada beberapa orang yang membuka kain kafan jenazah, kemudian tampak wajah yang disebut-sebut mirip Imam Samudra (bit.do/JenazahImamSamudra).

Saat ditelusuri, posting-an serupa ternyata pernah viral pada 2018. Tak sedikit media massa yang memberitakan klarifikasi bahwa jenazah dalam video itu bukanlah sosok terpidana mati kasus Bom Bali 2002. Klarifikasi yang disampaikan Divisi Humas Polri pada Juli 2018 itu menyebutkan, jenazah pria dalam kain kafan terebut adalah Yaser bin M. Thamrin, seorang tahanan kasus tindak pidana terorisme di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

”Yaser meninggal dunia karena sakit di RSUD Tangerang Selatan (Tangsel),” begitu penjelasan yang diunggah akun Facebook milik Divisi Humas Polri dua tahun lalu. Klarifikasi itu disertai video yang sama dengan unggahan akun Jihad SA. Anda dapat melihatnya di bit.do/BukanImamSamudra.

Portal berita news.detik.com pernah memberitakan klarifikasi tersebut pada 23 Juli 2018. Mengutip penegasan Kadiv Humas Polri yang saat itu dijabat Irjen Setyo Wasisto, video yang beredar terkait jenazah Imam Samudra itu adalah hoax.

Klarifikasi juga disampaikan keluarga almarhum Imam Samudra. Dalam video tersebut, tampak makam almarhum Imam Samudra tidak dibongkar dan tidak ada tanda-tanda pembongkaran makam untuk dipindahkan.

”Jadi, berita yang menyatakan makam Imam Samudra digali dan jasadnya masih utuh itu hoax belaka. Jangan percaya dengan berita tersebut. Demikian klarifikasi ini saya sampaikan kepada seluruh kaum muslimin di seluruh Indonesia,” begitu keterangan dalam video tersebut. Anda dapat membaca dan melihat video itu di bit.do/HoaxDibongkar.


FAKTA

Jenazah pria dalam kain kafan yang dibuka itu adalah almarhum Yaser bin M. Thamrin, seorang tahanan kasus tindak pidana terorisme di Lapas Gunung Sindur, Bogor. Almarhum meninggal karena sakit di RSUD Tangerang Selatan.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c13/fat



Close Ads