alexametrics

Kabar Palsu Gubernur Muslim Pertama di AS

16 November 2019, 20:03:47 WIB

JawaPos.com – Sentimen agama, khususnya terkait dengan muslim, masih laris dijadikan bahan hoax untuk netizen di Indonesia. Misalnya, rekaman video yang disertai keterangan bahwa telah terpilih gubernur yang beragama Islam di Michigan, USA. ’’Pada akhirnya Islam akan berjaya, gubernur Michigan USA, baru terpilih seorang muslim.’’ Begitu narasi yang melengkapi video tersebut.

Jawa Pos menemukan kabar itu disebar pemilik akun Facebook Rahmania Mamanya Habil (bit.ly/BaruTerpilih) pada 1 November 2019. Rahmania meneruskan pesan yang sebelumnya disebar akun Anindya Atma Aqmalia pada 28 Oktober 2019. Dalam video tersebut, tampak politikus bernama Abdul El Sayed berkampanye untuk pemilihan gubernur.

Rekaman gambar itu juga ditempeli sejumlah watermark. Di antaranya, kanal YouTube Abdul El-Sayed for Governor, media Middle East Eye, serta tulisan berbunyi America’s first muslim governor?.

Saat ditelusuri, video serupa pernah diunggah akun Facebook resmi milik Middle East Eye pada 6 Agustus 2018. Akun itu juga membubuhkan keterangan bahwa sosok dr Abdul El Sayed berpeluang menjadi gubernur muslim pertama di AS. Artinya, klaim bahwa video tersebut menunjukkan El Sayed baru saja terpilih menjadi gubernur Michigan adalah keliru.

Video itu sebenarnya menunjukkan seorang politikus muslim sedang berkampanye sebagai kandidat pada pemilihan gubernur Michigan. Namun, pria kelahiran Detroit tersebut kalah di pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Portal berita vox.com pernah mengunggah secara langsung hasil pemilihan pendahuluan di internal Partai Demokrat yang berlangsung pada 8 Agustus 2018. Pemenangnya adalah Gretchen Whitmer (51 persen). Abdul El Sayed berada di posisi kedua dengan perolehan suara 30 persen. Gretchen Whitmer akhirnya mewakili Partai Demokrat dalam pemilihan umum. Anda dapat membaca ulasannya di sini.

Pada 6 November 2018, portal berita freep.com memberitakan bahwa Gretchen Whitmer akhirnya memenangi pemilu dan terpilih menjadi gubernur Michigan. Dia mengalahkan rivalnya di Partai Republik, Bill Schuette. Perempuan kelahiran Lansing, Michigan, itu memimpin dengan raihan 53,1 persen suara. Bill Schuette hanya meraup 44 persen suara. Anda dapat membacanya di sini.

 

FAKTA

Video yang disebar ulang oleh akun Rahmania menunjukkan Abdul El Sayed saat berkampanye dalam pemilihan pendahuluan di internal Partai Demokrat. Gubernur terpilih Michigan adalah Gretchen Whitmer, rekan El Sayed di Partai Demokrat.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c14/fat



Close Ads