Sebut Tautan Video Siswi Buang Anak, padahal Link E-Commerce

16 Agustus 2022, 05:48:41 WIB

KOLASE foto dan link tak menjamin suatu informasi benar. Bisa saja foto dan link atau tautan itu tak berhubungan dengan narasi yang dijelaskan. Misalnya informasi siswi melahirkan bayi di toilet sekolah yang mendadak jadi bahasan di beberapa grup Facebook. Salah satunya akun Sinta Hardiansyah yang mengunggah kolase foto dengan beberapa bagian diblur. Foto juga memperlihatkan foto toilet dan beberapa kolase foto siswi.

”Viralll beredar video seorang siswi melahirk4n di toilet sekolah.. awal nya ada seorang penjaga sekolah yang curiga melihat siswa masuk ketoilet sambil menangis dan memeluk perut nya, tak lama terdengar suara bayi menangis.” Begitu penggalan narasinya.

Agar terlihat meyakinkan, narasi tersebut menyertakan tautan atau link. Tautan itu diklaim berisi video kondisi siswi yang selesai melahirkan. ”Ini video jelas nya bit.ly/3PaxxnO,” tulis keterangan lanjutnya (bit.ly/BayiToiletSekolah).

Saat tautan itu diklik, jangan harap menemukan fakta yang terkait dengan informasi yang ditulis sebelumnya. Pada saat diklik, tautan itu mengarahkan Jawa Pos pada salah satu platform e-commerce di Indonesia.

Penelusuran beberapa kolase foto tersebut mengarahkan pada berita lama yang secara kejadian tidak terjadi di toilet sekolah. Melainkan di toilet bandara. Misalnya pada tiga foto bagian kanan itu. Foto tersebut diunggah portal berita Pojok Satu (Jawa Pos Group).

Judul beritanya Pelajar Buang Bayi di Toilet Bandara, Begini Kronologinya. Berita yang dimuat pada 20 Oktober 2018 itu menjelaskan seorang pelajar yang membuang bayi di toilet Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pelaku diketahui berinisial ND, 18. Dia adalah pelajar di salah satu SMA di Jawa Tengah. Kasatreskrim Polres Balikpapan AKP Mahfud Hidayat membeberkan informasi terkait penemuan bayi oleh petugas cleaning service Bandara SAMS bernama Hasriani, 21, pada Jumat (19/10) sekitar pukul 23.00 Wita.

Pada saat itu Hasriani sedang membersihkan toilet A2 di sebelah barat pintu kedatangan bandara. Dia melihat ada ceceran darah di lantai depan pintu masuk toilet tersebut. Setelah masuk, dia terkejut melihat ada sesosok bayi di dalam kloset. Anda dapat membacanya di bit.ly/BukanToiletSekolah.

Pembuangan bayi itu juga diketahui dari kamera CCTV. Secara kronologis, rekaman tersebut menunjukkan, ada seorang perempuan berbadan besar yang ditemani laki-laki dan seorang ibu tergesa-gesa menuju toilet.

ND memegangi perut menuju area transit dan memisahkan diri dari rombongan. ND dilaporkan berada di toilet sekitar 20 menit. Dia kemudian kembali ke lobi dan naik taksi bandara menuju sebuah hotel di Balikpapan.

Berdasar analisis CCTV itu, petugas dapat mengidentifikasi ND serta orang tuanya. Orang tua ND saat seleasi dimintai keterangan mengaku tak tahu tentang kehamilan anaknya. ”Saat kami mintai keterangan, orang tua pelaku tak mengetahui anaknya hamil.” kata Kasatreskrim Polres Balikpapan AKP Mahfud Hidayat. Anda dapat membacanya di bit.ly/AnalisisCCTV.

FAKTA

Siswi yang membuang bayi di WC toilet Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, tahun 2018.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/jun

Saksikan video menarik berikut ini: