alexametrics

Salah Foto Putri Presiden Putin yang Divaksin Covid-19

16 Agustus 2020, 05:05:53 WIB

KABAR tentang anak perempuan Presiden Rusia Vladimir Putin yang menjadi relawan vaksin ramai diperbincangkan di media sosial. Di Indonesia, kabar tersebut disebar ulang dengan foto dan narasi yang keliru.

”Putri Presiden Rusia Vladimir Putin … Orang pertama yang sudah divaksin dengan vaksin yang ditemukan oleh kedokteran Rusia. Bukan vaksin China.” Begitu penggalan informasi yang disebar akun Facebook Thoyib Mohamad, Kamis (13/8). Kabar itu juga menyertakan foto seorang gadis berkaus merah yang sedang divaksin. Dia disebut sebagai putri Vladimir Putin.

Akun Thoyib Mohamad juga memuji keteladanan Putin sebagai pemimpin negara yang berani ambil risiko. Yakni dengan menguji coba vaksin ke putrinya sebelum diterapkan kepada rakyatnya.

Kabar itu kemudian disebar ulang akun Facebook Adi Saputra dengan narasi senada. Dia memuji langkah Presiden Putin dan menyerukan untuk memakai vaksin asal Rusia. ”Nah ini baru vaksin. Jangan dari Tiongkok, vaksin Sinovac,” tulis Adi Saputra (bit.ly/PutriPUtin).

Vladimir Putin memang telah mengumumkan bahwa putrinya menjadi relawan dan mencoba vaksin Sputnik-V. Tapi, Putin tidak menyebutkan dengan jelas putri yang mana yang mencoba vaksin Covid-19 hasil pengembangan Gamaleya Institute itu. Antara Maria ataukah Katerina.

Dikabarkan bahwa putri Putin sempat demam hingga 38 derajat Celsius. Dia lalu diinjeksi dengan vaksin tersebut. Setelah satu suntikan, esoknya suhu tubuhnya turun menjadi 37 derajat Celsius. Pascainjeksi kedua, suhu tubuhnya sempat naik sedikit. Namun, setelah itu dia sembuh total. ”Dia merasa sehat dan memiliki antibodi dalam jumlah yang tinggi,” jelas Putin. Anda bisa membaca berita dari jawapos.com itu di bit.ly/AntaraDuaPutri.

Sementara itu, foto gadis yang diunggah akun Facebook Adi Saputra dan Thoyib Mohamad ternyata bukan foto putri Presiden Putin. Foto itu pernah diunggah situs rt.com pada 20 Juli 2020 dengan keterangan bahwa vaksin yang dibuat militer Rusia diberikan kepada sukarelawan terakhir setelah keluar dari rumah sakit. Tidak disebutkan bahwa perempuan itu adalah putri presiden Rusia.

Situs pencari fakta asal India, The Logical Indian, juga mengulas informasi itu. Situs tersebut menegaskan bahwa perempuan berkaus merah itu bukanlah putri Vladimir Putin. Melainkan seorang relawan yang bernama Natalia. Dia divaksin pada 14 Juli lalu di Rumah Sakit Militer Burdenko, Moskow.

”Kali terakhir juga, kami tidak takut. Kami bahkan lebih yakin bahwa semuanya akan baik-baik saja dan menunggu kami untuk belajar lebih jauh,” kata Natalia sebagaimana yang dikutip dari The Logical Indian. Situs itu juga membandingkan foto dua anak Putin, Maria Vorontsova dan Katerina Tikhonova. Tentu jauh berbeda. Anda bisa melihatnya di bit.ly/RelawanNatalia.

FAKTA

Foto perempuan berkaus merah yang disuntik vaksin Covid-19 dari Rusia, Sputnik-V, itu adalah seorang relawan bernama Natalia. Bukan putri Vladimir Putin, Maria Vorontsova atau Katerina Tikhonova.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/fat




Close Ads