alexametrics

Salah Penjelasan Video Jenazah Jemaah Haji pada 2015

16 Juli 2022, 05:48:29 WIB

MUSIM haji tahun ini telah terlaksana tanpa kabar yang kurang mengenakkan. Namun, di dunia media sosial, kenyataan itu bisa saja diselewengkan. Misalnya, akun Facebook Ita Pakaya Ita yang mengunggah video jenazah dijejer dan ditutup kain putih. Akun tersebut menyebut seolah-olah jenazah itu merupakan korban jemaah haji yang disebabkan lampu mati di terowongan Mina.

”Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun..semoga husnulkhatimah. Tragedi terowongan Mina, mati lampu byk korban meninggal mari kita do’a kan saudara-saudari kita yg berangkat haji baik yang masih hidup maupun yang sdh meninggal dunia aamiin..!” tulis akun tersebut.

Video 1 menit 27 detik itu memperlihatkan ratusan jenazah yang terbaring di sebuah ruas jalan. Bahkan, ada beberapa kendaraan blower dan pemadam kebakaran di seberang ruas jalan lainnya. Serta memperlihatkan tenda-tenda khas jemaah haji (bit.ly/KarenaPadam).

Sejak awal, informasi penuh kejanggalan. Sebab, tidak ada informasi resmi tentang penyebab kematian jemaah haji karena lampu di terowongan Mina padam. Bahkan, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Jatim Abdul Haris membantah adanya kejadian tersebut. ”Sampai saat ini, kami tidak dan belum menerima info sebagaimana di atas,” katanya Rabu (13/7).

Berdasar penelusuran, lampu terowongan Mina yang padam memang terjadi. Beberapa kanal YouTube mengunggah kondisi mati lampu dan kipas angin pada hari kedua di lontar jumrah. Tak berselang lama, lampu dan kipas yang mati langsung diperbaiki serta tidak ada korban jiwa maupun jemaah yang sakit. Anda dapat melihatnya kondisi tersebut di bit.ly/KondisiTerowongan.

Wakasatops Masyair 3 Harun Al Rasyid menjelaskan, listrik padam karena korsleting arus pendek. Sebab, tanda-tanda tersebut sebetulnya sudah terjadi atau tampak pada Sabtu (9/7) malam. Lampu depan terowongan kadang mati kadang hidup. Anda bisa membaca ulasan jawapos.com di bit.ly/ArusPendek.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/jun

Saksikan video menarik berikut ini: