alexametrics

Bukan Iring-iringan Pengantar Jenazah Eril, melainkan Pengemudi Ojol

16 Juni 2022, 05:48:15 WIB

HOAX yang berkaitan dengan almarhum Emmeril Kahn Mumtadz masih bertebaran di media sosial. Salah satunya, informasi mengenai prosesi pemakaman putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu. Capture tersebut memperlihatkan iring-iringan pengendara ojek online (ojol).

’’Tidak Kenal Tapi Banyak Yg merasa kehilangan. Itulah kepergian Eril Yang Kepergiannya menyisakkan Haru dan Kedatangannya Ke ke Tanah Air Adalah rindu Masyarakat menjemputnya seperti Video Yg di Publikasikan Akun TT selengkapnya bit.ly/3NNUaOQ,’’ tulis akun Keluarga Bahagia dua hari lalu.

Akun tersebut mengunggah capture video dari aplikasi TikTok. Keterangan capture itu jelas menyebut jenazah Eril, sapaan Emmeril Kahn Mumtadz. Gambarnya memperlihatkan ribuan pengendara ojol terlibat dalam iring-iringan (bit.ly/IringIringanOjol).

Informasi itu jelas janggal. Sebab, capture yang dibagikan akun Keluarga Bahagia seperti bukan situasi iring-iringan pengantar jenazah Eril. Selain itu, tautan tersebut bukan mengarah pada sumber resmi, melainkan aplikasi e-commerce.

Saat ditelusuri, foto tersebut menunjukkan kondisi iring-iringan pengantar jenazah pegiat komunitas ojek online yang dikenal bernama Bang Johan. Video identik dengan capture itu diunggah kanal YouTube Tribun Timur pada 21 Februari 2022. Judulnya berbunyi, Ribuan Ojol hingga Parade Ambulance, Antarkan Jenazah Pria Baik Hati.

Menurut keterangan, Bang Johan merupakan seorang pengendara ojek online yang aktif dalam komunitas Unit Reaksi Cepat. Dia aktif membantu korban kecelakaan lalu lintas dan sering kali membuka jalur ambulans dalam keadaan darurat. Atas kepergiannya, ribuan driver ojol hingga ambulans mengantarkan kepulangannya. Anda dapat melihatnya di bit.ly/OjolBerpulang.

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads