alexametrics

Heboh Singkong yang Bikin Kritis

16 Mei 2019, 22:09:44 WIB

JawaPos.com – Akhir-akhir ini beredar sebuah screensot posting-an Facebook yang menggelikan. Isinya tentang seorang perempuan yang kritis gara-gara singkong bersarung kondom. Kabar itu dilengkapi kolase dua foto tentang seorang perempuan yang terbaring di rumah sakit dan sebuah singkong terbungkus kondom.

“Sex dengan ubi kayu. Eh mala tersangkut di dlm. Lalu dikejarkan ke hospital. Peringatan kepada yang selalu gituan dengan terong, ulek juga botol saus. Hati hati ya. Sebarkan ke yang lain.” Begitu keterangan yang menyertai kolase dua foto tersebut.

Jawa Pos menemukan informasi itu pernah beredar di Facebook pada akhir 2017. Rata-rata di-posting oleh blog-blog clickbait dan fan page pemburu like, share, dan comment. Semua palsu. Tidak ada hubungan antara foto perempuan yang sedang dirawat di rumah sakit dan foto singkong berkondom.

Versi asli foto dan berita tentang perempuan di rumah sakit itu bisa ditemukan di situs berita Malaysia intrend.com.my. Judulnya, Kerana Stress dan Gemuk, Wanita Ini Diserang ILD STROKE Ini Kisah Benar Bagaimana Dia Pulih.

Berita yang terbit pada 22 Maret 2017 itu menyebutkan, perempuan tersebut bernama Marini Mat Zain. Dia seorang penulis dan editor sebuah majalah di Malaysia. Situs Intrend juga mengulas bagaimana Marini melewati masa sulit saat diserang stres ringan. “Saya menyewa pelatih pribadi untuk olahraga kebugaran setiap bulan. Tapi, beratnya meningkat. Akhirnya saya penenangan diri dan mengendalikan diri secara emosional,” ujarnya. Anda bisa mengakses kisah tersebut di bit.ly/StresRingan.

Selanjutnya, untuk gambar singkong yang berbalut kondom, foto aslinya bisa ditemukan di situs berbahasa Spanyol tn8.tv. Foto yang dipublikasi 6 April 2016 itu melengkapi kisah tragis pria berusia 55 tahun yang terpaksa dilarikan ke rumah sakit San Juan de Dios, Kosta Rika. Operasi darurat dilakukan untuk mengeluarkan singkong berdiameter 8 cm dan panjang 45 cm yang terjebak di dalam dubur pria tersebut.

Situs pencari fakta hoaxes.id juga mengulas peristiwa itu pada 27 April 2017. Saat operasi tersebut berlangsung, staf medis rumah sakit merekam prosesnya sebagai dokumentasi. Namun, akhirnya mereka digugat secara hukum karena merekam tanpa persetujuan pasien.

Menurut hukum Kosta Rika, merekam video operasi dan prosedur medis hanya bisa dilakukan untuk tujuan akademis dan harus mendapat izin tertulis dari pasien. Anda dapat mengakses ulasan itu di bit.ly/BukanWanita.

FAKTA

Foto perempuan yang terbaring di rumah sakit tidak ada hubungannya dengan foto singkong yang terbungkus kondom. Dua foto itu berasal dari dua negara.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c4/fat)

Close Ads