alexametrics

Produsen Hoax Benturkan Densus 88 dengan Muhammadiyah

16 April 2021, 05:48:22 WIB

NARASI mengejutkan tentang penanganan terorisme diunggah akun Twitter @IrutPagut pada 10 April lalu. Menurut dia, Muhammadiyah mulai menjadi sasaran Densus 88. Sebab, salah seorang pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mantrijeron ditangkap setelah mendarat dari Turki.

”MUHAMMADIYAH MULAI DIGARAP: Pimpinan Muhammadiyah Cabang Mantrijeron Yogyakarta. Ditangkap Densus 88, begitu turun dari pesawat, sepulang liburan dari Turky,” tulis akun @IrutPagut sambil menyertakan foto berita dari koran Radar Jogja.

Berita yang berjudul Pulang Liburan, Turun Pesawat Suami Ditangkap itu dijadikan sumber untuk menyebut bahwa pria tersebut adalah salah seorang pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Mantrijeron. Padahal, di foto berita yang dia unggah, tidak ada satu pun kalimat yang menyebutkan bahwa pria yang ditangkap adalah pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah (bit.do/PengurusCabang).

Saat dibaca secara keseluruhan, berita di Radar Jogja itu menyebutkan bahwa pria yang ditangkap berinisial FR. Namun, tidak ada satu pun kalimat yang menyebut FR sebagai pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mantrijeron.

Berita dalam format features yang terbit pada 10 April 2021 tersebut lebih banyak menceritakan kisah saat FR dijemput paksa setelah landing. Dian Malahayati, istri FR, tak menyangka liburan bersama suami ke Turki harus berakhir menyedihkan. Suami ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

”Kami dari Turki turun dari pesawat langsung ditangkap. Sejauh ini saya belum tahu pasti kok bisa penetapan tersangka langsung ke suami saya. Itu apa dasarnya,” ujar perempuan 44 tahun tersebut. Anda dapat membacanya di bit.do/LangsungDitangkap.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/fat




Close Ads