alexametrics

Produsen Hoaks Pakai Tayangan Berita Lawas Jokowi Tak Bermasker

16 Februari 2021, 05:48:13 WIB

AKUN Facebook Myar mengunggah capture tayangan berita televisi yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo berada di tengah kerumunan. Tampak presiden dan seluruh orang di dalam tayangan televisi itu tidak mengenakan masker. Lalu, tayangan tersebut diberi komentar bahwa presiden melanggar protokol kesehatan.

”Pemerintah menegaskan berkerumun dan tidak pakai masker didenda dari menyanyi sampai denda 150 juta kenapa orang itu gk pk masker dan berkerumun gk ditangkap dan didenda..#nanya,” tulis akun tersebut pada 13 Februari 2021. (bit.do/TidakDiDenda)

Posting-an itu menyertakan tiga foto tayangan berita. Semuanya menunjukkan Presiden Jokowi berada di tengah kerumunan. Tanpa mengenakan masker dan tanpa menjaga jarak. Kesalahan akun Myar adalah mengklaim peristiwa itu terjadi di masa pandemi Covid-19.

Versi asli peristiwa tersebut bisa dilihat dalam video yang diunggah kanal YouTube milik Official iNews pada 13 Februari 2021. Video itu diunggah sebagai ilustrasi pembahasan tentang fatwa haram yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang buzzer sejak 2017.

Dalam pembahasan tersebut, kanal Official iNews mengundang Ketua MUI Cholil Nafis dan Jubir Presiden Fadjroel Rachman. Anda dapat melihatnya di bit.do/BahasTopikBuzzer.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c13/fat




Close Ads