alexametrics

Rekayasa Foto Sandiaga Uno untuk Sindir Eks Gubernur DKI

15 November 2019, 22:15:58 WIB

JawaPos.com – Maksudnya membuat sebuah sindiran. Tapi karena dilakukan dengan merekayasa foto, jatuhnya jadi hoax. Itulah yang dilakukan pemilik akun Facebook Longgar Longgar saat mengunggah foto Sandiaga Uno. Mantan Wagub DKI Jakarta itu tampak menunjukkan kertas dan smartphone. Di kertas itu terdapat tulisan, ”Sejarah hitam DKI pernah punya Gubernur yg istrinya selingkuh selama 7 tahun”.

Posting-an yang diunggah 3 November 2019 itu juga ditambahi narasi yang provokatif. ”Cebong selalu Mencemooh Pak Anies, tp dia Lùpa Jakarta pernah punya Gubernur Yang memiliki Sejarah Hitam,” tulis akun tersebut.

Faktanya, foto tersebut sudah mengalami rekayasa digital. Yang paling terlihat adalah layar smartphone dengan penampakan wajah Tukul Arwana. Versi asli foto itu, Sandi sedang menunjukkan tanda terima laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) di gedung KPK.

Foto aslinya pernah diunggah Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara pada 15 Agustus 2018. Saat itu, Sandiaga menyambangi KPK untuk menyerahkan LHKPN sebagai salah satu syarat verifikasi KPU bagi calon peserta Pilpres 2019. Anda dapat melihat foto itu di sini.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c6/fat



Close Ads