alexametrics

Produsen Hoax Pelintir Pernyataan Jokowi soal Natuna

15 Januari 2020, 08:03:25 WIB

JawaPos.com – Sikap pemerintah atas masuknya kapal Tiongkok ke perairan Indonesia banyak menjadi bahan hoax. Blog Operainf membuat narasi seolah-olah Presiden Joko Widodo mengonfirmasi bahwa kapal tersebut hanya mengejar ikan hingga ke laut Pulau Natuna.

”Setelah Dikomfirmasi, Jokowi Sebut China Hanya Mengejar Ikan yang Lari ke Indonesia Melalui Natuna, Jadi Bukan Mencuri,” bunyi judul tulisan yang dimuat di blog tersebut. Informasi itu kemudian disebar akun Facebook MuZzie Soekamti (bit.ly/BukanMencuri) pada 9 Januari 2020.

Setelah ditelusuri, naskah berita yang diunggah blog Operainf tersebut merupakan hasil copy paste dari portal detik.com yang berjudul Pesan dari Kunjungan Jokowi ke Natuna. Hanya, ada tambahan di paragraf pertama yang menjadi pembuka kalimat. Termasuk kutipan yang ternyata dibuat sendiri oleh pengelola blog.

Pada berita yang ditayangkan pada Kamis, 9 Januari 2020, itu dijelaskan bahwa presiden ingin memastikan apakah kapal asing berada di wilayah laut teritorial Indonesia atau zona ekonomi eksklusif (ZEE). Selengkapnya, Anda bisa membacanya bit.ly/KunjunganJoko.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adi/zam/c7/fat


Close Ads