alexametrics

Sebar Hoaks Rekayasa Digital Foto Piramida Giza untuk Ledakan Lebanon

14 Agustus 2020, 05:05:55 WIB

SIMPATI untuk Lebanon pasca ledakan dahsyat di Pelabuhan Beirut (4/8) terus bermunculan. Sayang, ada saja pihak yang memanfaatkan momen itu untuk membuat hoax. Salah satunya berupa foto Piramida Agung Giza, Mesir, berbalut cahaya yang membentuk warna bendera Lebanon.

Foto tersebut disandingkan dengan bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa, yang juga disorot lampu hingga menampilkan warna bendera Lebanon. ”@burjkhalifa yang terletak di Dubai menyalakan gedung tertinggi di dunia dengan warna bendera Lebanon. Piramida Giza, salah satu keajaiban tertua dunia yang terletak di Mesir, menyala dengan warna-warna bendera Lebanon dalam solidaritas.” Begitu keterangan dari akun halaman Facebook: Khidmat Umat pada 5 Agustus lalu (bit.ly/SolidaritasLebanon).

Kolase dua foto bangunan itu mengundang penasaran lantaran akun-akun medsos mengunggahnya tanpa sumber yang jelas. Misalnya Burj Khalifa yang berpendar dengan warna bendera Lebanon.

Saat ditelusuri, halaman Facebook resmi milik Burj Khalifa ternyata memang pernah mengunggah foto yang sama. Dengan teknologi video mapping, dinding luar bangunan setinggi 828 meter itu disulap menyerupai warna bendera Lebanon.

”#BurjKhalifa menerangi solidaritas untuk saudara-saudari kita di #Lebanon.” Begitu penggalan keterangan dari akun resmi Burj Khalifa sembari menyisipkan doa dan belasungkawa kepada para korban ledakan tersebut.

Sementara itu, foto Piramida Giza berwarna bendera Lebanon ternyata hanyalah rekayasa digital di dunia maya. Versi aslinya pernah diunggah akun resmi milik Kementerian Pariwisata Mesir pada 19 April 2020. Sudut pengambilan gambarnya sangat mirip dengan yang diunggah akun Khidmat Umat, tapi hanya menampilkan warna biru. Ada juga tulisan Experience Egypt Soon (bit.ly/FotoWarnaBiru).

Kanal YouTube milik AFP News Agency memberitakan momen yang sama pada 19 April 2020. Warna biru pada piramida dibuat sebagai pembawa pesan dalam menghadapi Covid-19. ”Piramida Agung diterangi cahaya biru dan disinari laser yang membentuk pesan ’Tetap di Rumah’ pada tubuh Piramida Giza di luar ibu kota Mesir, Kairo, pada saat Hari Warisan Dunia, ketika negara itu berperang melawan persebaran Covid -19,” bunyi keterangan yang ditulis AFP. Anda dapat melihatnya di bit.ly/HimbauanCovid.

FAKTA

Burj Khalifa memang pernah menampilkan cahaya yang membentuk bendera Lebanon di dinding bangunan mereka. Sedangkan tampilan bendera Lebanon di Piramida Giza hanyalah rekayasa foto.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat




Close Ads