alexametrics

Hoax Sapi Jumbo Milik Presiden Jokowi Batal Dikurbankan

Sempat Meronta, Tetap Bisa Disembelih
14 Agustus 2019, 11:58:02 WIB

JawaPos.com – Proses penyembelihan sapi milik Presiden Jokowi di Solo menjadi perbincangan. Butuh usaha ekstra lantaran sapinya sangat besar dan tingkahnya agresif. Kondisi itu dimanfaatkan pembuat hoax untuk menebar kabar palsu. Katanya, sapi itu nyaris merobohkan tenda dan batal dikurbankan di Solo.

Adalah blog news-id.op.mobile.opera.com yang membuat berita palsu tersebut. Judulnya, Sulit disembelih dan nyaris merobohkan tenda. Sapi kurban Jokowi batal dikurbankan di Solo. Berita abal-abal itu kemudian disebar lewat Facebook dengan berbagai komentar sinis. “Maaf, Apakah Sapi Itu Bisa Di Tuntut “MAKAR” Kah!? Yang Sabar Aja Ya Sapi, Semangat Terus Ya,” tulis pemilik akun Ngaran Ainx Saha (fb.com/dhany.akbar.186?) pada 11 Agustus 2019.

Kabar yang menyebutkan sapi milik Presiden Jokowi gagal dikurbankan di Solo itu jelas hoax. Banyak media mainstream yang sudah memberitakan penyembelihan sapi simental dari peternakan Lembu Suro, Boyolali, Jawa Tengah, itu. Misalnya, JPNN.com (Jawa Pos Group). Pada 12 Agustus 2019, portal berita itu memberitakan bahwa sapi seberat hampir 1,5 ton tersebut telah disembelih di Masjid Agung Solo setelah pelaksanaan salat Idul Adha.

Meski demikian, usaha menyembelih sapi tersebut memang tidak mudah. Saat diturunkan dari truk pengangkut Sabtu lalu (10/8), sapi terlihat sudah stres. Tingkahnya sangat agresif terhadap siapa pun yang mendekat. Butuh tujuh orang dan waktu 1,5 jam untuk menurunkan sapi tersebut di halaman Masjid Agung Solo. Keesokan harinya menjelang penyembelihan, sapi itu susah dikendalikan. Aksi sapi yang terus berontak dan merepotkan para jagal tersebut mengundang gelak tawa masyarakat yang menyaksikan. Dengan berbagai upaya, sapi itu akhirnya bisa dirobohkan untuk disembelih.

Muhammad Zaini Ihsan, salah seorang jagal, mengaku menyiapkan tiga bilah pisau untuk penyembelihan hewan kurban hari itu. Satu pisau utama dan cadangan sepanjang 30 cm untuk menyembelih sapi. Satunya lagi pisau 20 cm untuk menyembelih kambing.

Sapi milik Jokowi akhirnya bisa disembelih. “Daging di lehernya saja hampir sekilan. Untung tadi tidak ada masalah waktu disembelih. Dengan setajam-tajamnya pisau, secepat-cepatnya agar sapi juga tidak tersiksa saat disembelih,” beber pria 37 tahun itu. Anda bisa membaca berita itu di bit.ly/BerhasilDisembelih.

FAKTA

Kabar yang menyebut sapi milik Presiden Jokowi batal dikurbankan di Solo adalah hoax. Sapi simental itu memang sangat besar dan sangat agresif. Meski demikian, para jagal bisa menyembelih sapi tersebut di halaman Masjid Agung Solo.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c17/fat)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads