alexametrics

CJH Aceh Tetap Berangkat Haji Melalui Kemenag

14 Juni 2022, 05:48:54 WIB

KABAR Provinsi Aceh melakukan haji mandiri, terlepas dari Kementerian Agama (Kemenag) RI, mendadak jadi buah bibir akhir-akhir ini. Di Facebook, informasi itu menyebar menggunakan kolase cuplikan video. Katanya, Aceh telah menyiapkan haji lepas dari RI.

”Mengejutkan, Aceh Siapkan Haji Lepas Dari Menag?” tulis akun Facebook Dakwah Islami pada 9 Juni 2022. Video 7 menit 47 detik tersebut memperlihatkan potongan statemen seseorang atas kondisi haji di Aceh. Dan sebagian besar rekaman menunjukkan penceramah Ustad Abdul Somad yang juga menyampaikan kondisi haji (bit.ly/HajiMandiri).

Nah, keterangan lain dalam video itu juga menegaskan Provinsi Aceh yang mempersiapkan ibadah haji lepas dari Kemenag. Tapi, jelas informasi tersebut penuh kejanggalan lantaran tak ada sumber resmi atas pernyataan itu.

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo memastikan bahwa informasi tersebut tidak benar dan disinformasi. ”Tidak benar Aceh sedang menyiapkan haji sendiri, lepas dari Kemenag. Itu disinformasi,” tegasnya.

Menurut Wibowo, disinformasi seputar jemaah haji Aceh pernah mencuat pada Juni 2020. Persisnya tidak lama setelah pengumuman pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia karena pandemi. Selengkapnya, Anda dapat membacanya di bit.ly/HoaxHajiSendiri.

Dari hasil penelusuran fakta, Aceh tetap memberangkatkan calon jemaah haji (CJH) tahun ini. Kloter pertama akan berangkat dari embarkasi Aceh pada 15 Juni. Total jemaah haji asal Aceh yang berangkat 1.993 orang.

Berdasar jadwal pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji embarkasi Aceh dari Kemenag, CJH Aceh akan diberangkatkan terbagi dalam enam kloter. Lima kloter merupakan jemaah Tanah Rencong dan satu kloter gabungan CJH Aceh dengan Sumatera Utara.

”Jemaah haji kloter pertama embarkasi kita akan masuk asrama pada tanggal 14 Juni pukul 08.00 WIB dan berangkat pada tanggal 15 Juni 2022 pukul 01.25 WIB,” kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh Iqbal.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/jun

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads