alexametrics

Menghasut dengan Foto yang Salah

14 Juni 2020, 04:04:41 WIB

PERDEBATAN sejarah tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) melahirkan banyak kabar hoax di era digital seperti saat ini. Salah satunya foto lawas tentang puluhan orang yang duduk di dalam galian tanah menyerupai parit besar. Bagian bawah kiri foto itu diberi tulisan yang berbunyi, ”Kuburan masal ulama dan santri 1948 oleh PKI Muso.”

Foto tersebut diunggah akun Yuli Ana di sebuah group Facebook pada 1 Juni 2020. Dia juga menuliskan keterangan bahwa orang-orang di dalam parit itu adalah para santri dan ulama yang menolak paham komunis. Para santri disuruh menggali lubang panjang di sekitar pondok pesantren untuk kuburan mereka sendiri. Semua dikubur hidup-hidup.

Sayangnya, informasi tersebut tidak disertai sumber yang jelas. Padahal, jika ditelusuri, banyak situs dalam berbagai bahasa yang ternyata pernah mengulas foto itu. Salah satunya blog alethonews.com yang mengunggah foto serupa pada 23 Juli 2016.

Mereka menuliskan bahwa foto tersebut diabadikan pada 1965. Artinya, peristiwa dalam foto itu tidak memiliki kaitan dengan sepak terjang Muso yang populer dengan istilah Madiun Affair 1948.

Artikel di blog Aletho News tersebut diberi judul How the Australian, British and US Governments Shamelessly Helped Kill Countless People in Indonesia in 1965. Disebutkan juga, pemilik hak cipta foto itu adalah Asia-Pacific Research.

Dalam ulasannya, foto tersebut menggambarkan peristiwa yang terjadi setelah tragedi pembunuhan tujuh perwira tinggi militer Indonesia. Kuat dugaan, orang-orang di dalam parit itu adalah para aktivis dan simpatisan PKI yang dieksekusi aparat militer. Anda bisa melihatnya di bit.ly/Kasus1965.

Ulasan tersebut lebih dulu diunggah situs resmi milik Asia-Pacific Research pada 23 Juli 2016. Mereka menyebutkan, dalam kasus tahun 1965 itu, ada beberapa negara yang diduga terlibat. Di antaranya Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

Artikel tersebut juga menyajikan kutipan dari jurnalis Australia John Pilger dalam buku The New Rulers of the World yang diterbitkan Verso pada 2002. Mereka bertujuan memberikan pengetahuan tentang latar belakang sejarah atas pembantaian yang terjadi di Indonesia pada 1965. Anda bisa membacanya di bit.ly/Bukan1948.

FAKTA

Foto puluhan pria di dalam parit yang diunggah akun Yuli Ana memperlihatkan situasi pasca pembunuhan para perwira tinggi Angkatan Darat RI dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads