alexametrics

Hoax Serangan Piranha di Pesta Bugil

Gunakan Foto Sesi di Balik Layar Film Piranha
14 Juni 2019, 17:18:11 WIB

JawaPos.com – Foto-foto yang disebar pemilik akun Facebook Faisal Ridwan sangat mengerikan. Tampak beberapa tubuh manusia yang sudah tidak utuh tergeletak di bibir pantai. Ada yang kepalanya hilang, ada yang tangan dan kakinya hilang, ada pula yang dagingnya tercabik-cabik. Semuanya penuh darah. Di dua foto lainnya tampak orang berkerumun melihat tubuh-tubuh tidak utuh itu.

“Konser pesta bugil di bulan suci Ramadhan. mantap. Ketemu dengan si cantik piranha. Selesai semua dengan sekejab,” tulis Faisal, menjelaskan foto-foto yang dia posting. Faisal sebenarnya sudah mengunggah kabar tentang orang-orang yang diserang ikan piranha itu tiga tahun lalu. Namun, kemarin kabar itu kembali marak beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Bagi yang mengerti karakter ikan piranha, foto itu tentu saja terbilang janggal. Sebab, ikan pemakan daging tersebut hanya memakan bangkai, bukan manusia hidup. Membersihkan binatang yang mati dan menjaga air tetap bersih, bebas dari bangkai.

HOAX Piranha (Kominfo)

Memanfaatkan situs padanan gambar, fakta di balik foto-foto “mengerikan” itu bisa ditemukan di situs ulasan film. Judul ulasannya berbunyi, Bloody New Piranha 3D Images Turn the Water Red. Artikel yang terbit pada 13 Januari 2010 itu menyebutkan bahwa foto-foto tersebut merupakan sesi di balik layar pembuatan film Piranha 3D.

Situs Movie Web juga memperlihatkan berbagai foto replika manusia dari boneka. Film dengan genre horor-komedi itu disutradai Alexandre Aja. Anda dapat melihat foto-fotonya di bit.ly/FilmPiranha3D.

The Guardian pernah me-review film tersebut yang ditulis Peter Bradshaw. Laki-laki yang berprofesi penulis dan kritikus film dari Inggris itu menyebutkan bahwa film Piranha 3D punya ciri khas tersendiri. Produksinya melengkapi film Piranha sebelumnya yang disutradarai Joe Dante pada 1978.

“Ada satu atau dua, bahkan tiga sesi yang membuat tertawa terbahak-bahak. Tapi ada beberapa sesi yang membuat sedih,” tulisnya pada 19 Agustus 2010. Anda dapat membaca review film itu di bit/ly/ReviewPiranha3D.

FAKTA

Kolase foto yang menyebut puluhan orang dimangsa piranha saat pesta bugil di bulan Ramadan adalah hoax. Foto itu merupakan rekaman peristiwa di balik layar pembuatan film Piranha 3D pada 2010.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/fat)