alexametrics

Sembarangan Sebut Wapres Ma’ruf Amin Salat Jenazah Pakai Rukuk

14 Mei 2022, 05:48:56 WIB

PRODUSEN hoax kali ini menyerempet masalah ibadah. Yakni mengabarkan informasi palsu berisi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin sedang rukuk dan sujud saat salat Jenazah. Padahal, dalam tata cara salat Jenazah, tidak ada gerakan tersebut. Katanya, situasi itu saat takziah ke Malaysia.

”Viral, sampai memalukan,sesudah lebaran, ada pejabat malasia yg wafat,indonesia mengutus wakil presiden ke malaysia utk ta’ziyah beserta ibu dan paspamfres, Lbegitu solat jenajah Allah hilangkan ‘ilmu dan barokah WAKIL PERESIDEN,BEGITU SOLAT JENAZAH PAKE RUKU DAN SUJUD, EDAAAAN,SEMUA AJUDAN DAN DUTA BESAR MALU DAN BINGUNG,JUGA PARA ULAMA MALASIA YG MAU JADI MA’!Mum pada bubar,” tulis akun Facebook Motivasi Islami Kamis (12/5).

Video 2 menit 24 detik itu memperlihatkan seorang pria yang hendak salat. Nah, orang yang grusa-grusu akan menganggap sekilas pria itu mirip Wapres Ma’ruf Amin. Bisa jadi karena berpeci hitam dan terlihat berambut putih.

Pria tersebut melakukan gerakan rukuk dengan membungkuk dan bersujud. Dia salat sendirian. Tidak berjemaah atau bersama-sama sebagaimana lazimnya salat Jenazah (bit.ly/WapresSalatJenazah).

Berdasar penelusuran, video serupa pernah menyebar awal 2022. Salah satu yang mengunggah video identik adalah akun Twitter @AWATNInews pada 31 Januari 2022. Unggahan itu juga menyertakan foto seorang pria di sebelah video yang diunggah. Yang pasti, pria tersebut bukan Ma’ruf Amin.

”Sembahyang tahiyatul masjid atau solat jenazah bersujud, tindakan Tun Pehin Sri Haji Abdul Taib Mahmud bikin kepala netizen berdenyut,” tulis akun Twitter tersebut.

Nah, kuat dugaan, pria pada foto itu yang melakukan salat pada video tersebut. Pria itu bernama Tun Pehin Sri Haji Abdul Taib Mahmud. Tata cara salatnya memang bukan salat Jenazah yang hanya dilakukan sambil berdiri. Sedangkan pria tersebut salat sendirian disertai rukuk dan sujud.

Maka, pemberian keterangan ”sembahyang tahiyatul masjid” bisa dipertimbangkan sebagai jenis salat orang itu. Salat Tahiyatul Masjid merupakan salat sunah dua rakaat saat seseorang memasuki masjid. Anda dapat membacanya di bit.ly/BukanWapresRI.

Terlepas dari apakah pria itu menjalankan salat Tahiyatul Masjid atau salat Jenazah, portal resmi ukas.sarawak.gov.my juga mengulas dan mengunggah berita orang yang meninggal tersebut. Pria yang meninggal dunia itu adalah mantan pemimpin Sarawak Abang Muhammad Salahuddin di Masjid Jamek Malaysia pada 29 Januari 2022.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads