alexametrics

Jackie Chan Diisukan Pindah Agama

14 Februari 2020, 20:24:14 WIB

JawaPos.com – Kabar palsu bahwa Jackie Chan masuk Islam kembali disebar dengan foto sang aktor yang mengenakan songkok. Jawa Pos menemukan informasi itu di berbagai grup Facebook tentang motivasi hijrah. Rata-rata anggota grup tersebut percaya bahwa Jackie Chan telah menjadi mualaf.

”ALHAMDULILLAH. Akhirnya Aktor Laga Yang Terkenal JACKIE CHAN, Sudah Resmi Memeluk Agama ISLAM. Baca Selengkapnya.” Begitu narasi yang ditulis akun Asdar Gawa (bit.ly/ResmiMasukIslam) pada 11 Februari 2020. Unggahan itu disertai link artikel dari situs berita-post.com.

Saat blog itu dikunjungi, terdapat potret Jackie Chan berswafoto bersama seseorang di dalam sebuah ruangan. Keduanya sama-sama mengenakan songkok hitam. Artikel di bawah foto itu menyebutkan bahwa Jackie Chan masuk Islam di Filipina, tapi baiat dilakukan di Malaysia. Baiat dilaksanakan bersamaan dengan pemberian gelar datuk kepada Jackie Chan oleh Kerajaan Malaysia. Sayangnya, tidak ada sumber resmi yang menjelaskan waktu dan lokasi pembaiatan tersebut.

Hasil penelusuran dengan memanfaatkan situs padanan gambar prepostseo.com mengarah ke unggahan akun Twitter milik Teungku Adnan, politikus Malaysia. Pria yang juga mantan menteri pariwisata Malaysia itu mengunggah kolase tiga foto, salah satunya merupakan potret Jackie Chan mengenakan songkok. Unggahan pada 2 Februari 2015 itu juga dilengkapi judul dalam bahasa Melayu.

”Dua ikon WP Ustaz Khazim dan Jackie Chan, saya bersama Ustaz Khazim tahniah tan sri zul WILAYAHKU CERIA,” tulis Teungku Adnan. Anda bisa melihat foto itu di bit.ly/BersamaMantanMenteri.

Penjelasan lebih lengkap tentang foto Jackie Chan mengenakan songkok ada di portal berita asal Malaysia, thestar.com.my. Judul beritanya It’s no stunt – HK superstar is now Datuk Jackie Chan. Berita yang terbit pada 2 Februari 2015 itu sama sekali tidak menyebut kepindahan agama Jackie.

Berita tersebut berisi tentang pemberian gelar datuk kepada Jackie Chan oleh pemerintah Malaysia dalam rangka Federal Territory Day. Ketika prosesi penerimaan gelar itu, Jackie Chan didampingi Kazim Elias yang merupakan pengkhotbah, penulis, dosen, dan konsultan Islam dari Malaysia.

Disebutkan juga, Menteri Wilayah Federal Datuk Seri Tengku Adnan bin Tengku Mansor menilai Jackie Chan sebagai salah seorang aktor dengan banyak penggemar di Malaysia. Pemberian gelar datuk itu diharapkan dapat mempromosikan Malaysia, khususnya Kuala Lumpur. ”Kita harus bangga bahwa dia mau menerima penghargaan datuk,” tulis sang menteri melalui akun Twitter resminya. Anda dapat membacanya di bit.ly/DiberiGelar.

FAKTA

Foto Jackie Chan mengenakan songkok bukan dalam rangka pindah agama, melainkan acara pemberian gelar datuk oleh pemerintah Malaysia kepadanya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c11/fat


Close Ads