alexametrics

Hoax Razia Virus Korona

14 Februari 2020, 20:39:50 WIB

JawaPos.com – Berita palsu tentang wabah virus korona di Tiongkok kian aneh-aneh. Misalnya, kabar dilakukannya razia terhadap pengendara mobil untuk mencari warga yang terjangkit virus mematikan itu. Kabar tersebut dilengkapi video sebuah mobil yang menghindari razia hingga menabrak pagar barikade.

”Pengemudi ini mencoba ’kabur’ dari pemeriksaan #CoronaVirusCamp. Demikianlah setiap manusia sejatinya tidak nyaman selalu diperiksa. Apalagi kemudian diisolasi dalam kamp apa pun istilahnya,” tulis pemilik akun Facebook Yufrien Arief sambil membagikan video tersebut.

Saat ditelusuri, video yang sama ternyata pernah menyebar pada 2018. Razia dalam video itu memang terjadi di Tiongkok. Namun, mobil yang kabur dari razia tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan wabah virus korona.

Berdasar penjelasan di yahoonews dan newsflare, video itu direkam di Nanning City, wilayah otonomi Guangxi, Zhuang Selatan, pada 10 April 2018. Saat itu, polisi berusaha menghentikan mobil BMW putih karena ditengarai menggunakan pelat nomor palsu. Anda bisa melihatnya di sini bit.ly/MobilPlatPalsu.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adi/zam/c25/fat



Close Ads