alexametrics

Portal Berita Diedit, Grace Natalie Disasar Hoax soal LGBT

14 Februari 2019, 17:59:53 WIB

JawaPos.com – Hoax kembali menyasar tokoh parpol. Kali ini, yang menjadi korban adalah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie. Si pembuat hoax bahkan merekayasa tampilan sebuah portal berita agar kabar yang dia sebar seolah-olah benar.

Pelaku penyebaran hoax itu adalah akun Facebook Bang Uje (fb.com/banguje.uje.14). Memanfaatkan tampilan berita di portal news.detik.com yang sudah direkayasa, Bang Uje menyebarkan kabar bahwa Grace menyatakan siap jika diminta menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja.

“Jika mukidi menang si Sontoloyo ini cocoknya jadi menteri LGBT alias pemberdayaan laki2 rasa wanita dan wanita rasa laki2 haha…,” tulis Bang Uje pada 10 Februari 2019. Hingga kemarin, posting-an itu sudah dibagikan lagi hingga 25 kali.

Faktanya, news.detik.com tidak pernah membuat berita tentang kesiapan Grace menjadi anggota Kabinet Kerja. Judul asli dari tampilan berita tersebut “PSI Diduga Otak Indonesia Barokah, Grace Natalie: Saya Bisa Tuntut Andi Arief”. Berita itu terbit pada 28 Januari 2019.

Dalam pemberitaannya, Grace Natalie geram mendengar tudingan Andi Arief. Saat itu Andi menuding PSI sebagai salah satu pihak yang menukangi tabloid Indonesia Barokah. Grace menegaskan siap menuntut Wasekjen Partai Demokrat tersebut. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c9/fat)

Portal Berita Diedit, Grace Natalie Disasar Hoax soal LGBT