alexametrics

Bikin Hoax Musibah Sriwijaya Air Pakai Video Pesawat India

14 Januari 2021, 06:06:43 WIB

SEJAK dulu, video kepanikan penumpang pesawat saat terjadi trubulensi di udara sudah banyak beredar di media sosial. Kini, rekaman-rekaman semacam itu kembali bermunculan. Digunakan para penyebar hoax untuk membuat kabar palsu tentang kondisi penumpang Sriwijaya Air SJ182 sebelum jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu lalu (9/1).

Contohnya, kabar yang dibagikan ulang akun Facebook Jemmy Saipopar pada 10 Januari lalu. Sambil mengunggah video kepanikan penumpang di dalam pesawat, dia menulis keterangan, ”Sriwijaya air@suasana dlm pesawat”. Agar lebih meyakinkan, video itu disisipi suara takbir berulang-ulang saat adegan kabin pesawat bergetar. Seolah-olah kalimat takbir itu diucapkan olah para penumpang.

Saat ditelusuri dengan menggunakan situs padanan gambar, video itu jelas bukan rekaman kejadian kondisi penumpang Sriwijaya Air SJ128 sebelum jatuh ke laut.

Video yang sama dan lebih lengkap pernah diunggah akun Twitter Rishikesh pada 12 Juli 2020. ”Penerbangan menuju Kashmir dari Riyadh mengalami turbulensi udara sebelum mendarat di Bandara Srinagar. Pekerjaan luar biasa dilakukan oleh pilot. Semua penumpang aman,” begitu keterangan yang ditulis akun Rishikesh Kumar.

Sementara itu, suara takbir dalam video yang dibagikan ulang akun Facebook Jemmy Saipopar ternyata hasil suntingan. Dalam versi aslinya, suara yang mengiringi kondisi turbulensi itu adalah pengumuman dari kru pesawat menggunakan bahasa Inggris India. Saat pesawat bergetar, yang banyak terdengar justru teriakan-teriakan kepanikan. Anda bisa melihatnya di bit.do/PesawatKeIndia.

Portal berita asal Rusia, sputniknews.com, memberitakan kejadian itu pada 12 Juli 2020. Disebutkan bahwa pesawat mengalami turbulensi saat berada dalam jalur penerbangan dari Riyadh, Arab Saudi, menuju Kashmir. Pesawat itu mengalami turbulensi udara hebat beberapa saat sebelum mendarat di Bandara Internasional Srinagar, India.

Baca Juga: Video Pendaratan Darurat Sriwijaya Air, Tapi Ethiopian Airlines

Seorang juru bicara maskapai penerbangan mengatakan, pesawat IndiGo flight 6E 9822 mengalami turbulensi sebelum pendaratan dan tidak ada cedera yang dilaporkan. Anda dapat membacanya di bit.do/SemuaSelamat.

FAKTA

Video yang diunggah akun Facebook Jemmy Saipopar menunjukkan kepanikan penumpang pesawat IndiGo flight 6E 9822. Pesawat itu mengalami turbulensi dalam penerbangan dari Riyadh ke Kashmir pada Juli 2020.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c13/fat


Close Ads