alexametrics

Banjir Hanyutkan Kendaraan di Bekasi, Disebut-sebut di DKI Jakarta

13 November 2021, 05:48:26 WIB

BANJIR di DKI Jakarta hampir tak pernah luput dari incaran kabar palsu. Misalnya, informasi yang diunggah akun Facebook Patrik Galampo di grup BUZZER NKRI SOLID. Katanya, genangan air Jakarta juga dapat menghanyutkan kendaraan.

”Genangan air di Jkrt trnyata bisa hanyutkan mobil. Jangan ada yg bilang ini banjir ya, soalx Jkrt tahun ini bebas banjir. Yg ada adalah genangan air.” Begitu keterangan dalam video yang diunggah pada Rabu (10/11).

Video berdurasi 58 detik itu memperlihatkan belasan mobil terendam dan beberapa mobil hanyut terguling disapu banjir. Di akhir video, saat genangan air surut, tampak kondisi porak-poranda. Tak sedikit kendaraan yang remuk akibat benturan. (bit.ly/HanyutkanMobilJakarta).

Dilihat sekilas, narasi yang ditulis akun itu tak masuk akal. Sebab, dia menuliskan Jkrt yang berarti Jakarta. Padahal, keterangan dalam video tersebut menyebut Pondok Gede Permai masuk Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Beberapa daerah di DKI Jakarta memang tergenang pekan lalu. Namun, video banjir yang sampai menghanyutkan belasan kendaraan itu tak terjadi di DKI Jakarta.

Dari penelusuran, beberapa kanal YouTube mengunggah video serupa pada 2020. Salah satunya, kanal YouTube SripokuTV pada Januari 2020. Judulnya berbunyi, Ngeri! Video Banjir di Pondok Gede Permai Bekasi, Mirip Lautan, Kendaraan Hanyut, Warga Terjebak. Bekasi memang dekat Jakarta, tetapi masuk Provinsi Jawa Barat. Anda dapat melihatnya di bit.ly/BanjirBekasi2020.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/jun




Close Ads