alexametrics

Macron Dilempar Telur sebelum Jadi Presiden

13 November 2020, 05:05:30 WIB

PRESIDEN Prancis Emmanuel Macron kembali dijadikan bahan hoax oleh produsen kabar palsu di Indonesia. Kali ini, beredar video Macron terkena lemparan telur di kepalanya. Katanya, pelemparan telur itu terjadi setelah Macron mengeluarkan pernyataan dukungan terhadap penayangan film karikatur Nabi Muhammad.

’’Presiden Prancis di lempar telor oleh seseorang… Setelah mendukung penayangan film karikatur yg melecehkan Nabi Muhammad SAW.’’ Begitu keterangan yang ditulis akun El Ricardho pada 26 Oktober 2020. Tak sedikit netizen yang memercayai kabar tersebut. Salah satunya akun Andi Mustafa yang membagikan ulang video beserta narasi unggahan El Richardho itu pada 4 November lalu (bit.do/SetelahMendukungKarikatur).

Video serupa pernah diunggah kanal YouTube milik CG WEW pada 29 Oktober 2020. Kolom keterangan di kanal itu seolah-olah membenarkan bahwa pelemparan telur terjadi akibat statemen Macron yang menyebut bahwa karikatur nabi adalah hak semua orang dalam berekspresi.

Saat ditelusuri, narasi yang menyertai dua unggahan di atas ternyata keliru. Emmanuel Macron memang pernah dilempar telur busuk. Namun, insiden itu terjadi pada 2017 saat dia mencalonkan diri sebagai presiden.

Kanal YouTube milik Photcube mengunggah video pelemparan telur itu pada 2 Maret 2017. Judulnya berbunyi Egg fell in the forehead presidential candidate of France Emmanuel Macron. Pada kolom keterangan dijelaskan, saat itu Macron masih berstatus kandidat presiden.

Sementara itu, portal berita express.co.uk memberitakan bahwa pelemparan telur kepada Macron terjadi pada 1 Maret 2017. Kala itu Macron selaku kandidat presiden Prancis menghadiri sebuah acara pertanian. Pengunjuk rasa melemparkan telur busuk ke wajah Macron sebagai bentuk protes atas kebijakan dia selama menjadi menteri ekonomi, perindustrian, dan urusan digital.

Situs pencari fakta asal India, altnews.in, memastikan bahwa video itu adalah rekaman lawas. Tidak ada kaitannya dengan situasi terkini di Prancis, khususnya pascatragedi pemenggalan kepala Samuel Patty dan pernyataan kontroversial Macron tentang karikatur Nabi Muhammad. Alt News juga menyebutkan bahwa Macron dilempar telur saat menjadi calon presiden Prancis dan sebelumnya menjabat menteri perdagangan. Anda dapat membacanya di bit.do/HoaxDilemparTelur.

FAKTA

Video Macron dilempar telur merupakan rekaman kejadian pada Maret 2017. Saat itu dia masih berstatus calon presiden.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c19/fat



Close Ads