Sebar Keterangan Keliru di Grup Drama Korea, padahal Kejadian di Turki

13 Agustus 2022, 05:48:57 WIB

INFORMASI keliru bisa saja terselip dari narasi yang terkesan sekadar candaan. Misalnya, video seseorang yang sedang mencuci mobilnya di sekitar genangan air. Lantas, video tersebut diberi keterangan lokasi di Korea.

”Situasi Korea lagi banjir, sempet²nya dia nyuci mobil,” tulis akun Facebook Hua Kim di sebuah grup Facebook Nonton Drama Korea Sub Indonesia.

Keterangan itu ditulis dalam bahasa Indonesia. Video singkat 5 detik tersebut memperlihatkan seorang yang tengah menggosokkan sesuatu ke badan dan atap mobil sehingga menghasilkan busa. Di belakang mobil itu tampak genangan air kecokelatan (bit.ly/NyuciKoreaBanjir).

Kita tahu bahwa ada dua Korea, Korea Selatan dan Korea Utara. Namun, Korea pada keterangan tersebut bisa dikesankan sebagai Korea Selatan yang memang dikenal dengan serial dramanya. Itu sesuai dengan nama grup Facebook tempat menyebarkan video tersebut.

Selain itu, Korea Selatan (Korsel) baru-baru ini memang dilanda banjir yang mengesankan pembenaran atas lokasi cuci mobil tersebut.

Portal berita Reuters pada 9 Agustus 2022 memberitakan banjir di Korsel. Isinya, hujan mengakibatkan sedikitnya delapan orang tewas di ibu kota Korea Selatan. Menurut pihak berwenang di Korea Selatan, setelah hujan deras, listrik lantas dipadamkan. Hujan itu membuat sejumlah kawasan longsor serta jalan dan kereta bawah tanah terendam.

Menurut instansi yang menangani meteorologi Korea Selatan, di selatan ibu kota debit air hujan lebih dari 100 milimeter atau 3,9 inci per jam pada Senin malam. Lalu, beberapa bagian kota terendam sekitar 141,5 milimeter. Itulah curah hujan terberat dalam beberapa dekade.

Presiden Yoon Suk-yeol pada Selasa lalu mengunjungi sebuah apartemen semibasemen. Di apartemen itu, tiga anggota keluarga meninggal pada malam sebelumnya setelah air banjir yang mengalir deras memenuhi ruangan. Anda dapat membacanya di reut.rs/3zMkG5G.

Namun, apakah video tersebut memang diambil di Korea Selatan? Dari penelusuran Jawa Pos, tidak ada pemberitaan resmi soal ulasan video itu. Namun, video tersebut dipastikan tidak berkaitan dengan banjir di Korea Selatan yang baru-baru ini terjadi. Video itu sudah beredar pada Juni 2022. Salah satunya diunggah kanal YouTube Gamer Catesi dalam bahasa Turki dengan judul yang bila diterjemahkan menjadi Aku Suka Moralmu. Anda dapat membacanya di bit.ly/Juni2022Tayangan.

Penelusuran lain, situs padanan gambar mengarahkan pada portal forum media sosial berbahasa Korea, fmkorea.com, pada 9 Agustus 2022. Penjelasan dengan bahasa Korea menyebut lokasi cuci mobil tersebut di Turki. Tepatnya di Kota Sivas.

”Ini adalah wilayah yang disebut Sivas di Turki. Ada Twitter di Forum Hava yang mem-posting cuaca Turki dan ada video yang diunggah pada Juni 2022.” Begitu keterangannya. Anda dapat membacanya di bit.ly/DiSivasTurki.

FAKTA

Video cuci mobil tidak diambil saat banjir Korea Selatan pada 8 Agustus 2022. Namun, lokasi sebenarnya video tersebut adalah Turki.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/jun

Saksikan video menarik berikut ini: