alexametrics

Keliru Sebut Tenda Pernikahan Roboh Akibatkan 25 Orang Tewas

13 Mei 2022, 05:48:30 WIB

KABAR bombastis memang perlu diwaspadai, jangan-jangan hoax. Misalnya, ada 25 orang yang dikabarkan meninggal dunia karena tertimpa tenda pernikahan. Yang sekilas bikin sedih, unggahan di media sosial itu menyebut yang meninggal dalam insiden itu juga kedua pengantin suami dan istri.

”Innalillahi Pesta Pernikahan Berubah Jadi Duka, 25 Orang T3was Termasuk Kedua Pengantin Di Tempat. Semoga Husnul Khotimah, Aminn,” tulis akun Facebook Sukai Halaman pada 10 Mei 2022. Informasi tersebut juga menyertakan gambar terop yang porak-poranda. Nah, agar lebih tepercaya, akun itu menyertakan sebuah blog, media-kabar.xyz (bit.ly/PengantinTewas).

Informasi tersebut jelas penuh kejanggalan. Jika benar-benar terjadi, tak ada berita media kredibel yang mengulas insiden itu. Terlebih saat mengunjungi portal blog tersebut. Meski menyebut sumber berita, ulasan itu tak disertai kutipan resmi yang menyebut jumlah korban jiwa.

Penjelasan tersebut hanya menjadi keterangan tambahan yang ditulis tanpa kutipan resmi. Dengan menyebut ada korban jiwa sebanyak 25 orang. Padahal, saat dilakukan penelusuran asal muasal peristiwa terkait, ternyata tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Faktanya, tenda pernikahan itu ambruk karena hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Bolmong Utara pada Minggu, 18 Oktober 2020. Tepatnya berada di Desa Vahuta, Kecamatan Bintauna. Nah, hasil penelusuran, tak ada berita resmi yang mengabarkan adanya korban jiwa. Termasuk dari sumber yang disebutkan blog tersebut, Tribun Manado. Anda bisa membacanya di bit.ly/NihilKorban.

Manado Post (Jawa Pos Group) juga mengulas musibah yang disebabkan fenomena alam La Nina itu tak mengakibatkan korban jiwa satu pun. Termasuk mempelai pria dan wanita, juga baik-baik saja. Anda bisa membacanya di bit.ly/TakAdaKorban.

Kepala BPBD Bolmong Utara Victor Nanlessi memastikan bahwa dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. Baik dari pengunjung maupun keluarga mempelai. ”Benar adanya angin kencang merobohkan tenda pesta. Tapi, tidak ada korban jiwa,” katanya dalam sebuah video. Selengkapnya dapat dilihat di dailymotion.com di bit.ly/Hoax25Tewas.

FAKTA

Insiden tenda roboh akibat angin kencang di Bolmong Utara itu tidak mengakibatkan korban jiwa.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads