alexametrics

Bahan Dasar Nata De Coco Plastik, BPOM: Itu Hoax!

12 Desember 2019, 21:39:52 WIB

JawaPos.com – ”Nata de coco mengandung plastik.” Begitu informasi yang marak beredar di media sosial akhir-akhir ini. Informasi itu bahkan disertai video yang tidak hanya satu. Rata-rata menunjukkan seseorang memencet potongan nata de coco hingga pipih, seperti membentuk lembaran plastik tipis.

Salah satu yang menyebar video itu adalah pemilik akun Facebook Yance Bria (bit.ly/MengandungPlastik). ”Tonton sampai habis, info bahaya sari kelapa dalam kemasan NATA DE COCO yang mengandung PLASTIK,” tulis akun itu pada 6 Desember 2019.

Di YouTube, rekaman orang menekan nata de coco tersebut diunggah oleh pelaku berbeda dengan pembenaran bahwa nata de coco itu dari plastik. Contohnya, pemilik kanal Zidan Brawles (bit.ly/DariPlastik). Pada 8 Desember 2019, kanal tersebut mengunggah rekaman dari pembuat video yang mengaku mendapat informasi dari sebuah grup aplikasi percakapan.

Orang di dalam video itu lantas mempraktikkan apa yang dicontohkan dari video sebelumnya. Misalnya, mengambil satu butir nata de coco, lalu ditekan dengan tisu hingga pipih. ”Kayak gini kalau airnya habis. Jadinya kayak dini, bener bener kayak plastik. Nggak bisa ditarik, pantesan perut kena gastrik. ini sama sekali tidak bisa ditarik. ketat. makasih untuk yang ngasih tahu di grup,” begitu penggalan penjelasan dari video yang diunggah Zidan Brawles.

Benarkah nata de coco tersebut mengandung plastik? Ketua Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny Kusumastuti Lukito menegaskan bahwa kabar nata de coco berbahan dasar plastik itu tidak benar. ”Itu hoax. Yang benar itu selolusa. Kami sudah membuat penjelasan di website,” terangnya kepada Jawa Pos kemarin (11/12).

Dalam penjelasan di situs resminya, BPOM RI memaparkan bahwa nata de coco merupakan pangan yang terbuat dari bahan baku air kelapa. Dalam proses pembuatannya, pangan yang menyerupai gel itu terbentuk dari jutaan benang selulosa berlapis-lapis. Mengandung serat yang tinggi dan baik untuk tubuh.

Serat itu sering disebut sebagai dietary fiber yang penting untuk pencernaan. ”Lembaran tipis inilah yang disebut-sebut seolah-olah lembaran plastik,” tulis situs tersebut. Anda bisa membacanya di bit.ly/KlarifikasiBPOM.

Sementara itu, Gabungan Pengusaha Nata De Coco Indonesia (GAPNI) melalui akun resminya di Facebook juga memberikan penjelasan tentang bahan nata de coco. Dalam keadaan kering, potongan dari lembaran nata de coco itu mirip kertas karena bahan penyusunnya sama, yaitu selulosa. Dalam keadaan basah atau lembap, bentuknya mirip plastik yang transparan dan elastis sehingga para peneliti terkait menyebutnya sebagai bioplastik. Anda dapat melihat penjelasan lainnya di bit.ly/PenjelasanGAPNI.

FAKTA

Kabar yang menyebut nata de coco terbuat dan berasal dari plastik itu keliru. Bahan dasar produk makanan itu bernama serat selulosa yang dalam kondisi lembap memang seperti plastik.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c6/fat


Close Ads