alexametrics

Kemasan Vaksin Sinovac Clinical Trial Disebar saat Uji Klinis

12 November 2021, 05:48:24 WIB

KABAR melenceng tentang vaksin terus bergulir di semua platform medsos. Kali ini beredar informasi bahwa vaksin Sinovac masih diuji klinis. Katanya, bukti masih uji klinis itu terlihat dari pembungkus kardus vaksin.

”’Only for clinical trial’ Apa seperti ini gambarannya.? #StopPaksaVaksin,” tulis akun Twitter @cebonginsaf3 pada 25 Oktober 2021.

Netizen yang tak cermat pun mudah percaya dengan informasi tersebut. ”Seriusan nih semua kemasan vaxx tertulis ’only for clinical trial’,” tulis akun @VirtuaWildness (bit.ly/SemuaVaksinTrial).

Informasi itu tentu tak masuk akal. Sebab, vaksin Sinovac sudah digunakan dan disalurkan kepada masyarakat. Jawa Pos coba memastikan pembungkus kardus vaksin besutan Tiongkok tersebut. Hasilnya, dari berbagai cuplikan foto yang diabadikan fotografer Jawa Pos, tak ada tulisan Only for Clinical Trial di kemasan tersebut.

Saat ditelusuri, foto kemasan dengan keterangan Only for Clinical Trial beredar sejak 2020. Salah satu media yang mengunggah foto tersebut adalah The Washington Post pada 5 Agustus 2020. Foto kemasan dengan teks trial itu diabadikan fotografer Associated Press (AP) Eraldo Peres. Dalam keterangan disebutkan, kemasan tersebut merupakan kemasan khusus untuk percobaan atau uji klinis bagi sukarelawan di Brasil.

”Dr Gustavo Romero, dari University Hospital of Brasilia’s Nucleus of Tropical Medicine, mempresentasikan kepada pers vaksin eksperimental Sinovac Biotech China untuk virus corona baru sebelum diberikan kepada sukarelawan di Brasilia, Brasil, pada hari Rabu.” Begitu keterangan foto tersebut.

Editor : Dhimas Ginanjar




Close Ads