alexametrics

Lantunan Salawat di Bosnia Malah Disebut di Rusia

12 November 2019, 20:45:54 WIB

JawaPos.com – Momen peringatan Maulid Nabi juga dimanfaatkan pembuat hoax untuk menyebar kabar palsu. Salah satunya berbentuk video dengan watermark ’’Rusia Bersholawat”. Jawa Pos menemukan bahwa video tersebut di-posting pemilik akun Facebook Muhammad Nur (bit.ly/RusiaBersholawat) kemarin (11/11).

Dalam video berdurasi 30 detik itu, tampak kelompok besar paduan suara yang melantunkan salawat. Ada perempuan yang mengenakan hijab, ada pula yang tidak. Di tengah panggung juga tampak sajian tari sufi.

Penelusuran dengan situs TinEye.com mengarahkan pada unggahan kanal YouTube milik Utusan Online. Judulnya Kehebatan Sharifah Khasif. Video yang berdurasi 6 menit 28 detik itu juga diberi keterangan bahwa acara tersebut berlangsung di Sarajevo, Bosnia-Herzegovina.

Video yang diunggah pada 26 Maret 2018 itu memperlihatkan qariahdengan nama lengkap Sharifah Khasif Fadzilah Syed Mohd Badiuzzaman Al Yahya. Dia melantunkan salawat nabi di hadapan sekitar 10 ribu orang dengan diiringi dua penari sufi dari Turki dan sekumpulan penyanyi latar. Anda dapat melihatnya di bawah ini.

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c18/fat



Close Ads