alexametrics

Pembaca Alquran Asal Afrika Disangka dari Papua

12 September 2020, 06:06:17 WIB

VIDEO seorang lelaki melantunkan ayat suci Alquran dengan napas yang sangat panjang menjadi perbincangan netizen Indonesia beberapa hari terakhir. Pria yang juga bisa bersuara tinggi itu disebut berasal dari Papua. ”Qori internasional asal dari Papua. Pemilik suara tertinggi dan nafas terpanjang di dunia,” begitu tulisan yang ada dalam video itu (bit.ly/QoriAsalPapua).

Napas pria itu memang sangat panjang. Di atas panggung, dia mampu melantunkan sejumlah ayat Alquran dengan suara melengking selama 1 menit 5 detik dalam sekali tarikan napas. Orang-orang yang menyaksikan keistimewaan seperti itu langsung berdiri dan meneriakkan kalimat takbir.

Sayang, sama sekali tidak ada keterangan identitas tentang pria tersebut. Tak ada nama, tempat tinggal, maupun kelahiran, apalagi pesantren tempat dia belajar membaca Alquran dengan sangat indah. Justru yang tampak dalam rekaman berdurasi 5 menit 16 detik itu adalah banner dengan aksara mirip huruf India.

Saat ditelusuri dengan situs padanan gambar, video serupa pernah diunggah beberapa kanal YouTube. Namun, kanal-kanal tersebut tidak ada yang menyebut bahwa sang qari berasal dari Papua. Contohnya, kanal Quran Show TV yang menuliskan bahwa pria itu berasal dari Afrika. Namanya Eidi Shaban.

”Surah Duha Qari Eidi Shaban From Africa । Best Recitation of The Holy Quran Tilawat Qari Edi Shaban,” begitu judul yang ditulis kanal Quran Show TV pada 12 Mei 2020. Anda dapat melihatnya di bit.ly/BukanPapua.

Video tentang acara yang sama juga diunggah kanal milik CTG Islamic Tv pada 24 Desember 2019. Rekaman dengan angle berbeda itu memperlihatkan situasi yang sama, terlebih pada gerakan-gerakan tubuh Eidi Shaban yang berasal dari Tanzania tersebut kala membaca Alquran (bit.ly/QoriEidiShaban).

Sementara itu, portal berbahasa Bengali, dailynayadiganta.com, menerbitkan ulasan tentang event yang membuat video tentang Eidi Shaban viral. Ulasan yang diungah pada 23 Desember 2019 menyebutkan bahwa Kompleks Talimul Quran Chittagong menyelenggarakan Konferensi Al-Quran pada 21 Desember 2019.

Kompetisi yang diikuti siswa dari berbagai sekolah, perguruan tinggi, dan madrasah tersebut digelar dari pagi hingga malam. Ayat-ayat Alquran dilantunkan dengan suara merdu oleh sejumlah qori internasional terkenal. Termasuk qari Tanzania Rezai Ayub dan Eidi Shaban, qari India Tayyab Jamal, serta Qari Mesir Muhammad Ahmed Abdul Hafiz Ad Durunki.

FAKTA

Pria yang membaca Alquran dengan napas panjang itu adalah Eidi Shaban, qari asal Tanzania, Afrika Timur.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c13/fat