alexametrics

Ngibul Meteor Jatuh Pakai Video Serpihan Roket

12 Mei 2020, 02:30:43 WIB

VIDEO yang memperlihatkan benda bersinar jatuh dari langit menyebar di sejumlah grup percakapan WhatsApp warga Surabaya. Suara seseorang dalam video itu menyebutkan, peristiwa itu terjadi di Sidosermo, Surabaya.

Video yang sama menyebar lewat Facebook pada 9 Mei 2020 dengan penjelasan bahwa benda bersinar tersebut adalah meteor yang jatuh di atas Surabaya (bit.ly/DiSurabaya). Pada menit-menit awal, tampak presenter berita iNews menyebutkan adanya penampakan meteor di langit Kalimantan Tengah dan Jawa Timur. Kemudian tampak benda bersinar jatuh dari langit diiringi suara orang berlogat Madura yang memberi narasi bahwa peristiwa itu terjadi di Surabaya.

Saat ditelusuri, video yang sama muncul dengan keterangan meteor jatuh di Papua. Kanal YouTube Ilham Fahyono mengunggahya pada 8 Mei 2020. Namun, dalam video itu hanya terdengar orang-orang berteriak. Tidak ada pengantar dari presenter berita iNews. Juga tidak ada suara orang yang memberi narasi tentang lokasi kejadian.

Siaran iNews di awal video itu ternyata sengaja dicomot pembuat hoax untuk membuat kabar yang dia sebar lebih meyakinkan. Kanal Official iNews pernah mengunggah cuplikan berita tersebut pada pertengahan tahun lalu. Tepatnya Mei 2019. Judulnya Detik-Detik Meteor Eta Aquarid Melintas di Langit Indonesia – SIS 08/05. Isinya memang memberitakan penampakan meteor di kawasan Kalimantan Tengah dan sejumlah daerah di Jawa Timur.

Lantas, dari mana asal video benda bersinar yang diklaim berada di langit Surabaya dan Papua itu? Hasil penelusuran menggunakan situs padanan gambar mengarahkan Jawa Pos ke portal berita yang beroperasi di Pasifik Barat, Pacific News Center (PNC). Portal tersebut memuat video yang sama dan memperjelas sesi saat benda bersinar itu melintasi rangkaian awan di langit. PNC menyebut benda bercahaya itu sebagai puing-puing dari roket komersial milik Tiongkok.

Berita yang terbit pada 28 Desember 2019 tersebut menjelaskan, Kantor Keamanan Sipil Guam telah mengutip laporan media Tiongkok tentang Roket Long March 5 yang membawa muatan uji satelit. Roket itu meledak dari lokasi peluncuran Wenchang di Pulau Selatan Hainan pada pukul 08.45 Jumat malam.

”Administrasi Luar Angkasa Nasional Tiongkok telah merencanakan peluncuran roket. Puing-puing dari peluncuran itu akan jatuh dalam area yang didefinisikan sebagai 1425n/ 14853e hingga 1518n / 14906e hingga 1547n / 14655e hingga 1454n / 14643e ke titik asal.” Begitu penggalan pemberitahuan yang dikeluarkan Federal Aviation Administration (FAA). Anda dapat membacanya di bit.ly/SepihanRoket

FAKTA

Video benda bersinar jatuh dari langit itu bukan meteor yang tampak di atas Sidosermo, Surabaya. Melainkan serpihan roket komersial milik Tiongkok yang meledak dan terlihat di Pulau Guam, Pasifik Barat.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads