alexametrics

Video Pura-Pura Kejang di TikTok Dikira Karena Virus Korona

12 Februari 2020, 20:53:17 WIB

JawaPos.com – Potongan video pendek yang menunjukkan puluhan orang seperti kejang masal beredar di berbagai grup Facebook. Video dengan watermark aplikasi TikTok itu diberi keterangan akibat dari virus korona.

’’Mudah-mudahan kita dijauhi oleh ALLAH SWT dari virus corona yang berbahaya ini, amin.’’ Begitu keterangan yang ditulis akun Aneuk Ranto pada 29 Januari 2020. Kabar tersebut lantas disebar ulang oleh akun Pian Alfian pada 30 Januari 2020 (bit.ly/KarenaVirus).

Video berdurasi 9 detik itu memperlihatkan orang-orang yang berteriak histeris dengan kaki dan tangan terus gemetaran. Namun, ada beberapa orang yang berjalan santai dengan mengenakan pakaian mirip jas almamater kampus.

Memanfaatkan situs padanan gambar, ternyata video tersebut adalah rekaman kegiatan masa orientasi siswa di sebuah sekolah di Provinsi Gauteng, Afrika Selatan. Situs factcheck.afp.com pernah mengulasnya dengan judul This viral video shows a high-school initiation in South Africa.

’’Itu disebut bomskok atau kaget. Para siswa diminta berpura-pura berada di tengah-tengah bom yang meledak atau gempa bumi dan mereka harus mengguncangkan tubuh.’’ Begitu informasi yang diterima AFP. Anda dapat membacanya di bit.ly/MasaOrientasiDiAfsel.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c14/fat


Close Ads