alexametrics

Hoax Vaksin Israel Atasi Korona

12 Februari 2020, 21:12:13 WIB

JawaPos.com – Pembuat hoax tak pernah kehabisan bahan untuk membuat kabar palsu soal virus korona. Kali ini, mereka menyebar kabar bahwa dokter dari Israel berhasil menyembuhkan 427 pasien virus korona dengan vaksin hasil percobaan yang mereka bawa ke Tiongkok. Kabar itu dilengkapi kolase foto dokter yang sedang mengobati pasien, plus bendera Israel.

”Dokter Israel bantu RRC ttg wabah virus corona 427 orang dengan percobaan vaksin produk dari israel dinyatakan sembuh. Puji tuhan kerjasama dr.israel dan dr.china ada solusi mengentaskan wabah berbahaya.” Begitu narasi yang diunggah akun Facebook Angelia Dian Putri yang disebar ulang oleh akun Dewi Yanti Imelda pada 9 Februari 2020 (bit.ly/DokterIsrael).

Informasi tersebut juga menyertakan kolase empat foto. Satu foto memperlihatkan seorang dokter yang mengenakan baju pelindung. Kedua, tenaga medis menggunakan masker dengan latar belakang bendera Israel. Ketiga, foto dua dokter tanpa masker wajah sedang memeriksa seorang bayi. Gambar terakhir menunjukkan capture unggahan medsos dengan keterangan berhasil.

Namun, ada kejanggalan dalam narasi dan foto yang disebar akun Angelia Dian Putri. Misalnya, angka 427 dalam kasus virus korona. Jika ditelusuri di mesin pencari, yang muncul adalah angka dari jumlah korban per 4 Februari lalu. Bukan jumlah pasien sembuh. Selain itu, foto dokter tanpa masker dalam penanganan virus korona sangat aneh.

Penelusuran foto menggunakan situs padanan gambar juga menghasilkan informasi berbeda. Pertama, foto petugas medis yang menggunakan jubah pelindung pernah diunggah portal berita xinhuanet.com pada 24 Januari 2020. Foto itu dilengkapi keterangan bahwa seorang pekerja medis memeriksa pasien di ICU Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok Tengah, 24 Januari 2020. Sama sekali tidak ada keterangan bahwa dia adalah dokter dari Israel. Anda bisa melihatnya di bit.ly/PetugasMedis.

Sementara itu, foto tenaga medis dengan latar belakang bendera Israel dicomot dari situs stock.adobe.com. Foto tersebut merupakan serial stok dokter bedah dengan latar belakang bendera negara yang bisa dipilih. Orangnya sama, bendera di belakangnya yang diganti-ganti. Jika tidak percaya, Anda bisa melihatnya di bit.ly/StokAhliBedah.

Foto terakhir yang memperlihatkan dua dokter tanpa masker sedang memeriksa bayi ternyata dicomot dari situs foto flickr.com. Keterangan foto itu menyebutkan aktivitas tenaga medis dari Israel membantu korban topan Haiyan, Filipina, pada 8 November 2013. Anda dapat melihatnya di bit.ly/BantuFilipina2013.


FAKTA

Kolase gambar yang disebar ulang akun Facebook Dewi Yanti Imelda tidak berkaitan dengan penanganan virus korona di Tiongkok. Angka 427 orang dalam kasus virus korona bukan jumlah pasien sembuh, melainkan korban meninggal per 4 Februari 2020.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c17/fat


Close Ads