alexametrics

Gunakan Photoshop Caping Gunung Jadi Keren

11 Oktober 2019, 20:44:53 WIB

JawaPos.com – Boleh saja berdecak kagum saat melihat keindahan foto-foto alam yang beredar di Twitter. Tapi, jangan tertipu. Tidak semuanya asli. Ada yang sengaja direkayasa untuk sekadar menarik perhatian atau mencoba keahlian dalam olah digital.

Contohnya, foto Gunung Fuji yang diunggah akun Twitter Only In Asia (@Crazyinasia). Di atas gunung, tampak cincin awan bertumpuk yang membentuk formasi seperti piramida. ’’Amazing cloud formation above Mt Fuji,” tulis akun Only In Asia pada 9 Oktober 2019.

Faktanya, cincin awan bertumpuk itu adalah hasil rekayasa digital. Jawa Pos menemukan versi asli foto tersebut di situs crystalinks.com. Situs itu juga mengulas lenticular clouds lainnya di beberapa negara. Anda bisa melihatnya di bit.ly/SatuCincin.

Bahkan, situs gizmodo.com dengan jelas menyuguhkan dua foto cincin awan di atas Gunung Fuji yang diberi label fake dan real. Situs itu menyebutkan bahwa gambar dengan awan cincin bertumpuk di atas Gunung Fuji merupakan hasil Photoshop. Namun, foto tersebut masih saja dibagikan. Seolah-olah cincin awan tumpuk lima itu nyata. Anda dapat membaca penjelasannya di bit.ly/OlahPhotoshop.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c18/fat



Close Ads