alexametrics

Hoax Kereta Api Toblerone

11 Februari 2020, 20:04:43 WIB

JawaPos.com – Foto kereta api yang disebar akun Twitter @Britanniacomms pada 30 Januari lalu memang terlihat unik. Gerbongnya berbentuk segi tiga, mengingatkan pada brand cokelat Toblerone yang sangat terkenal itu. ”Meanwhile, in Tobleronistan. #trains via _youhadonejob1,” tulis akun tersebut.

Saat ditelusuri menggunakan situs padanan gambar plus kata kunci Tobleronistan, Jawa Pos diarahkan pada berbagai situs meme. Namun, ada juga situs yang memuat versi asli foto gerbong kereta tersebut plus ulasannya. Nama situsnya backbytes.computing.co.uk.

Ulasan tersebut dengan gamblang menyebut bahwa gerbong kereta berwarna merah itu sudah melalui proses editing dan rekayasa di Photoshop. Bentuk aslinya tentu bukan segi tiga, sama seperti kereta pada umumnya. Menurut situs tersebut, kereta itu adalah kereta Kinki Nipon ”Kintetsu” seri EMU KuMo270 yang dibangun pada 1977 oleh Kinki Sharyo. Kereta itu dibuat untuk jalur Hokusei dari Nishi-Kuwana ke Ageki, dekat Nagoya, Prefektur Aichi, Jepang. Anda bisa melihatnya di bit.ly/KeretaSegitigaRekayasa.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adi/zam/c17/fat


Close Ads