alexametrics

Stroke Serang Anak Efek Samping Vaksin Covid-19? Awas Disinformasi

10 November 2021, 21:34:28 WIB

JawaPos.com – Baru-baru ini beredar konten unggahan poster berbahasa asing tentang penyakit stroke yang menyerang anak-anak. Konon, unggahan itu disertai narasi penyakit itu merupakan efek samping dari vaksin Covid-19.

Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menemukan fakta klaim tersebut adalah keliru. Konten tersebut juga dinilai berbahaya jika sampai ke masyarakat dimana informasi rentan ditelan mentah-mentah.

“Dari turnbackhoax.com ditemukan poster tersebut dipasang oleh yayasan non-profit asal Kanada, Achieving Beyond Brain Injury (ABBI), pada bulan Mei 2021 lalu untuk memperingati Bulan Kesadaran atas Stroke pada Anak. Sehingga tidak ada keterkaitan antara pesan dalam poster tersebut dengan efek dari vaksin Covid-19 pada anak,” terang pihak Kemenkominfo mengcounter hoaks tersebut.

Foto poster serupa juga dapat ditemukan di laman Facebook serta situs resmi ABBI. Lebih lanjut, dalam sebuah penelitian oleh tim peneliti dari Universitas Columbia dan Universitas Brown, Amerika Serikat, penyakit stroke pada anak disebabkan oleh penyakit jantung, kondisi hematologis, gangguan sindrom, dan metabolisme.

Berdasarkan keterangan dalam situs hopkinsmedicine.org, penyakit stroke pada anak sendiri merupakan kondisi kesehatan yang langka dan umumnya hanya menyerang satu dari setiap 4.000 bayi yang baru lahir.

Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Kamis (04/11/2021):

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto




Close Ads