alexametrics

Kabar Janggal CEO Pfizer Albert Bourla Ditangkap FBI

10 November 2021, 08:42:22 WIB

ALBERT Bourla salah satu pimpinan dari perusahaan farmasi yang sering diserang hoax. Menurut kabar yang beredar, direktur utama vaksin Pfizer itu ditangkap dengan dugaan penipuan.

”Breaking News! CEO Pfizer Ditangkap, Didakwa dengan Penipuan, Pemalsuan Data Vaksin,” tulis akun Facebook Poncos Susilo Senin (8/11). Dalam unggahan tersebut, akun itu juga menautkan portal berita sebagai penguat informasi dari hajinews.id (bit.ly/CEOPfizerDitangkap).

Tak sedikit kejanggalan yang terlihat dari tautan tersebut. Sebab, tak ada keterangan resmi dari Pfizer soal penangkapan itu. Untuk memperkuat narasi dalam ulasan tersebut, situs yang penuh iklan kecantikan itu mengutip dari pemberitaan Conservative Beaver.

Menurut ulasan itu, agen FBI menyebut Pfizer berbohong tentang efektivitas vaksin dan menyesatkan pelanggan soal efek samping serius yang dapat dihasilkan vaksin. Pfizer dituduh membayar pemerintah dan media arus utama untuk tetap diam (bit.ly/DituduhMenipu).

Saat dilakukan penelusuran di akun resmi FBI dalam sepekan terakhir, misalnya, tak ada pernyataan resmi yang mengabarkan penangkapan Albert Bourla. Pun demikian halnya di akun resmi milik Bourla. Tak ada penjelasan resmi darinya soal penangkapan tersebut.

Justru, situs berita Forbes menyangkal penangkapan itu. Sanggahan yang terbit pada 6 November 2021 tersebut menjelaskan, sumber yang mengabarkan Bourla ditangkap FBI itu jelas tidak dapat dipertanggungjawabkan. Mereka bahkan menyebutkan bahwa ulasan Conservative Beaver tak menyuguhkan fakta dan bukti yang otentik.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/jun




Close Ads