alexametrics

Hoax Demonstran Bandung Tendang Tabung Gas Air Mata

10 Oktober 2020, 06:06:06 WIB

GELOMBANG aksi demo menolak pengesahan UU Ciptaker langsung diikuti hoax. Di Facebook tersebar video seorang demonstran menendang tabung gas air mata yang meluncur ke arah dirinya. Katanya, tendangan ”first time” yang sangat epik itu dilakukan demonstran di Bandung, Jawa Barat.

”Ibrahimovic nendang bola. Barudak Bandung nendang tabung gas air mata doongg . # gue suka gaya lu,” tulis keterangan akun Facebook Mbok Nom II pada Rabu (7/10). Video tersebut kemudian dibagikan ulang oleh akun Iwan Dalbo dengan membenarkan unggahan itu (bit.do/TendanganDiBandung).

Hingga kemarin unggahan tersebut terus disebar netizen hingga lebih dari 6.000 kali. Anehnya, beberapa akun yang ikut menyebar ulang menyebut peristiwa itu terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan.

Penelusuran menggunakan situs padanan gambar mengarahkan Jawa Pos pada akun Twitter @sa0un yang mengunggah video tersebut pada 30 Mei 2020. Narasinya lebih pada tip dan panduan singkat saat berdemo. Namun, pemilik akun juga menuliskan tagar dari Lebanon untuk Minneapolis. Anda bias melihatnya di bit.do/DariLebanon.

Jawa Pos juga menemukan portal berita yang mengulas video itu pada 30 Mei 2020. Judulnya berbunyi Viral Video Shows How to Protest Like a Footballer. Ulasan tersebut memuji kesigapan demonstran yang merespons balik gas air mata dengan tendangan.

Sebelumnya video itu pernah diklaim sebagai rekaman aksi demo di Amerika Serikat saat marak protes atas kematian pria kulit hitam George Floyd. Namun, ternyata video tersebut tidak terjadi di Amerika Serikat, tapi di Lebanon. Anda dapat membacanya di bit.do/DariLebanon.

Sementara itu, portal berita Associated Press (AP) mengabarkan bahwa video yang viral tersebut terjadi selama protes di Lebanon pada 15 Desember 2019. Seorang jurnalis dari The National UAE membagikan video itu di Twitter pada 15 Desember.

”Dan sungguh luar biasa. Pengunjuk rasa #Lebanon menyambut dengan kaki kanannya, sebuah tabung gas air mata yang dilemparkan oleh pasukan keamanan di Beirut.” Begitu keterangan yang dikutip AP. Selama aksi protes itu, pasukan keamanan Lebanon menembakkan gas air mata dan peluru karet ke arah pengunjuk rasa anti pemerintah dari pusat Kota Beirut. Anda dapat melihatnya di bit. do/ProtesAntiPemerintah.

FAKTA

Video seorang pemuda menendang tabung gas itu tidak terjadi di Indonesia, tapi di Lebanon pada 2019 saat protes anti pemerintah bergulir di Beirut, Lebanon.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat




Close Ads