alexametrics

Awas Situs Palsu Pengecekan Bantuan Sosial

10 September 2021, 05:48:14 WIB

KABAR yang dibagikan ulang akun Facebook Hendra Asstawinatta kemarin memang menggembirakan. Isinya menyebutkan, siapa saja yang sudah memiliki e-KTP bisa mengambil dana bantuan sosial sebesar Rp 600 ribu pada 10 September mendatang. Sayang, kabar itu palsu.

”Bagi yang sudah memiliki E-KTP sudah bisa mengambil kompensasi Per Tgl 10 SEPTEMBER 2021 sebesar Rp. 600.000 untuk biaya # dirumah aja. Silakan cek apakah nama anda tercantum, dan cocokkan dengan NIK E-KTP anda melalui link berikut https://tinyurl.com/pmvhbp9z,” tulis akun tersebut pada 8 September 2021 (bit.ly/LinkBansosAneh).

Namun, saat situs tinyurl itu diklik, yang muncul hanya gambar perempuan membawa e-KTP. Di kiri atas terdapat tulisan BUMN. Di bagian bawah terdapat pengumuman dana kompensasi Rp 600 ribu bagi pemilik e-KTP. Lalu, ada juga tombol ”CEK DISINI”.

Saat tombol itu diklik, tiba-tiba tersambung dengan situs skylinecrete.com. Kuat dugaan link tersebut merupakan penipuan. Pasalnya, untuk mengakses lebih lanjut, harus login ke Facebook dengan menuliskan e-mail atau nomor ponsel dan password.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jatim Benny Sampirwanto menegaskan bahwa informasi penerimaan bansos di situs shortlink dari tinyurl.com itu menyesatkan. Menurut dia, hampir semua jenis bantuan dari pemerintah tersebut menggunakan situs resmi.

”Hoax itu. Jangan percaya. Nggak mungkin cek bansos menggunakan akses login Facebook,” tegasnya. Dia mengungkapkan bahwa pemerintah pusat telah memiliki situs resmi untuk mengakses dan mencari informasi tentang bantuan sosial dari pemerintah pusat, yakni cekbansos.kemensos.go.id. Caranya cukup dengan menuliskan nama sesuai KTP dan wilayah domisili. Informasi itu juga pernah diulas di situs resmi Covid-19 milik pemerintah. Anda dapat mengaksesnya di bit.ly/SItusResmiBansos.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c17/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads