alexametrics

Dukungan Bukan untuk Presiden Periode Ketiga, tapi Kedua

10 Mei 2022, 05:48:35 WIB

ISU jabatan presiden menjadi tiga periode masih banyak ditemui di media sosial. Misalnya, posting-an akun Facebook Hardika Andriawan yang men-share posting-an akun Wibowo Wibowo. Katanya, Jokowi datang saat aksi mendukung jabatan presiden tiga periode dan menghindar saat didemo mahasiswa.

”Katanya gak mau 3 periode kok hadir Sich pa’de, Ngeyel,’’ tulis akun Hardika Andriawan akhir April lalu. Akun tersebut memercayai keterangan akun Wibowo Wibowo yang mengabarkan bahwa Presiden Jokowi hadir dalam acara dukungan tiga periode.

”ACARA DUKUNG 3PERIODE SIPENIPU ULUNG HADIR, DIDEMO MAHASISWA SEINDONESIA DIA KABUR, PURA2 KGK TAU, MENTERINYA DIOMELIN DOANG, MASIH KURANG NGURAS KEKAYAAN NEGARA DAN NAMBAH HUTANGNYA, RAKYAT DIKORBANKAN DGN EKONOMI BIAYA TINGGI KEDEPANNYA, HUH…KELOMPOK EGOIS OLIGARKY,’’ begitu keterangannya (bit.ly/Deklarasi3P).

Video 1 menit 41 detik itu memang menggambarkan bentuk dukungan terhadap Presiden Jokowi. Salah seorang deklarator menyebut jelas bahwa mendukung presiden menambah satu periode lagi. Berdasar penelusuran Jawa Pos, video itu beredar sejak 2019, salah satunya di kanal YouTube Tagar News. Dalam konteks 2019, dapat dipahami bahwa dukungan satu periode lagi itu karena Jokowi sudah menjabat selama lima tahun pertama sebagai presiden. Jadi, dukungan tersebut untuk periode kedua.

Judul video itu berbunyi, Deklarasi Alumni Pangudi Luhur. Merinding. Jokowi lagi. Video tersebut sudah ada di jagat maya sejak 7 Februari 2019. Artinya, deklarasi satu periode itu bentuk dukungan menjabat kembali sebagai incumbent setelah sebelumnya menjabat presiden bersama Jusuf Kalla. Anda dapat melihatnya di bit.ly/SejakFeb2019.

Foto identik juga diunggah Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara pada 6 Februari 2019. Kesamaan foto itu tampak dari kaus hitam yang dikenakan para deklarator.

LKBN Antara menyatakan, calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, disebut sebagai lelaki sejati oleh alumni SMA Pangudi Luhur (PL) Jakarta. Mereka menyatakan dukungan resminya kepada mantan gubernur DKI Jakarta yang menggantikan Fauzi Bowo itu.

Sebanyak 848 alumnus PL menggelar deklarasi alumni PL bersatu bertema lelaki sejati yang mewadahi 50 angkatan untuk mendukung Jokowi-KH Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019–2024. Selengkapnya, Anda dapat membacanya di bit.ly/JKW-MA.

Jelas keterangan LKBN Antara mempertegas bahwa agenda tersebut tidak berkaitan dengan deklarasi tiga periode. Tidak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga menyatakan bahwa tak ada perpanjangan jabatan presiden menjadi tiga periode. (zam/c6/jun)

FAKTA

Video dukungan Jokowi menambah periode jabatan itu terjadi saat kampanye Pemilu 2019. Jadi, dukungan untuk menjabat periode kedua.

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads