alexametrics

Bukber Warga Turki, Bukan Inggris

10 Mei 2019, 19:29:48 WIB

JawaPos.com – Kemeriahan acara buka bersama di negara-negara Islam tentu merupakan kewajaran. Berbeda halnya jika kemeriahan itu terjadi di negara dengan jumlah penduduk muslim minoritas. Misalnya, di Kota London, Inggris. Pasti sangat menarik untuk dijadikan berita.

Kabar tersebut mulai beredar di media sosial. Salah satunya berupa foto ratusan orang yang memadati jalanan kota untuk menunggu waktu berbuka. Di hadapan mereka ada makanan dan minuman takjil. “Foto Meriahnya Buka Puasa di Jalanan Kota London Bikin Takjub Netizen.” Demikian bunyi tulisan yang melengkapi foto itu.

Sayang, tulisan yang menyertai foto tersebut adalah hoax. Sebenarnya, banyak situs yang mengunggah foto itu dengan keterangan yang benar dan lengkap. Misalnya, situs muftag.org yang menuliskan keterangan people pray at an Earth Iftar on Istiklal Boulevard during the Gezi Protests in 2013. Momen tersebut diabadikan Alper Orus, fotografer di Istanbul, Turki.

Portal berita Turki hurriyetdailynews.com mengunggah ulasan serupa dengan judul Hundreds Gather for Iftar Dinner on Main Istanbul Street. Berita yang terbit pada 19 Juni 2015 itu menjelaskan bahwa ratusan orang berbuka puasa di luar ruangan.

Buka puasa di jalan sudah dilakukan tiga kali. Sekitar seribu orang berkumpul di TÃnel Square, Turki, pada 18 Juni 2015. Aksi tersebut dilakukan setelah komunitas Muslim Antikapitalis, kelompok kunci dalam demonstrasi Taman Gezi, menyerukan buka puasa masal pada hari pertama Ramadan.

Menurut Ihsan Elia, teolog dan penulis, Yery Iftar atau Earth Iftar berlangsung sejak 2011. “Orang-orang itu berkumpul secara pribadi. Jika seruan itu ada, kami akan datang. Kami bakal terus berpartisipasi bila seruan itu datang dari berbagai penjuru Istanbul sekalipun. Kegiatan protes ini akan berlangsung hingga akhir Ramadan,” ungkapnya.

Yery Iftar kali pertama digelar setelah terjadi chaos antara aparat dan demonstran yang memprotes pembangunan Taman Gezi pada Juni 2013. Saat itu, pemerintahan yang dipimpin Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan hendak merevitalisasi Taman Gezi untuk menjadi pusat perbelanjaan. Gelombang protes pun bermunculan dari berbagai kota. Anda dapat melihat foto dan ulasan tersebut di bit.ly/BuberBumi.

FAKTA

Foto ratusan orang yang sedang berbuka puasa di jalanan kota itu diambil di Istanbul, Turki. Bukan di London, Inggris.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c18/fat)