alexametrics

Viral Pulau Sumba di NTT Dijual Online, Begini Faktanya

10 Februari 2021, 12:20:06 WIB

JawaPos.com – Warganet dihebohkan dengan viralnya penjualan Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau tersebut dipasarkan secara daring melalui situs www.privateislandonline.com.

Dalam iklan tersebut, Pulau Sumba dijual berdasarkan harga yang ditawar pembeli atau price upon request. Total ada 6 pulau yang dipasarkan, yakni Pulau Tojo Una Una, Pulau Ayam, Pulau Gili Nanggu, Pulau Panjang, Pulau Kembung dan Yudan, serta Pulau A-Frames.

Situasi tersebut juga turut memasarkan pulau-pulau lainnya yang berada di luar negeri. Namun, saat ini situs penjual pulau tersebut sudah tidak bisa diakses kembali.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono memastikan informasi penjualan Pulau Sumba tidak benar alias hoax. Hasil penelusuran, tidak ditemukan kegiatan penjualan pulau di wilayah Sumba.

“Polres Sumba Timur telah melakukan penelusuran dan berkoordinasi dengan Pemda setempat, disimpulkan bahwa berita dalam situs tersebut tidak benar atau hoaks,” kata Rusdi saat dikonformasi, Rabu (10/2).

Kendati demikian, aparat akan terus melakukam pemantauan baik secara daring maupun langsung di lapangan. Apabila ditemukan pelanggaran pidana maka akan langsung dilakukan penindakan.

“Berita dalam situs itu tidak benar, Polres Sumba Timur beserta Pemda terus memantau masalah ini,” jelas Rusdi.

FAKTA

Hasil koordinasi aparat kepolisian dengan Pemda setempat, dipastikan tidak ada kegiatan penjualan pulau.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan




Close Ads