alexametrics

Hoax Banser Dikeroyok Emak-Emak Pedagang

10 Januari 2020, 08:50:49 WIB

JawaPos.com – Akun Facebook Andri Rockers menyebarkan kabar palsu Selasa (7/1). Dia meng-capture berita dan foto tentang anggota Banser yang terluka dari radarkudus.jawapos.com. Judulnya sengaja tidak ditampilkan utuh. Posting-an tersebut kemudian diberi keterangan bahwa anggota Banser itu terluka lantaran dikeroyok emak-emak penjual nasi uduk.

Dalam unggahan itu, akun Andri menyebutkan bahwa anggota Banser di Kudus, Jawa Tengah, mengaku sebagai Bareskrim dengan pangkat mayor agar bisa makan gratis. ’’Si emak jadi kaget dan brutal setelah melihat ada nama Banser di dadanya. Indo lain, bapak inilah yang dulu menghadang Ustad Abdul Somad saat berziarah di Kudus, Jawa tengah. #SAVE_KARMA_KECEBONG.” Demikian tulisan yang ditambahkan dalam potongan gambar tersebut.

Faktanya, berita yang dimuat pada 19 Juni 2018 itu menceritakan anggota Banser yang dikeroyok oknum TNI saat takbir keliling di daerah Grobogan. Penyebabnya, anggota Banser bernama Sunardi itu melarang warga yang hendak menyalakan petasan.

Salah seorang anggota TNI tidak terima, lantas mengeroyok Sunardi bersama dua rekannya. Akibatnya, Sunardi harus mendapat perawatan intensif di Puskesmas Tegowanu. Anda bisa membaca berita tersebut di bit.ly/KejadianJuni2018.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adi/zam/c18/fat


Close Ads